Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tersambung JORR dan Japek, Tol Cibitung-Cilincing Dapat Jadi Alternatif saat Mudik

Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) Seksi 4 mulai beroperasi secara fungsional pada 1 April 2023.
Suasana proyek Jalan Tol Cibitung - Cilincing (JTCC) Seksi 4 di Jakarta, Rabu (22/2/2023). Bisnis/Suselo Jati
Suasana proyek Jalan Tol Cibitung - Cilincing (JTCC) Seksi 4 di Jakarta, Rabu (22/2/2023). Bisnis/Suselo Jati

Bisnis.com, JAKARTA - Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) Seksi 4 mulai beroperasi secara fungsional pada 1 April 2023. Dengan beroperasinya ruas tersebut, maka JTCC kini telah mulai tersambung dengan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Direktur Utama PT Pelindo Solusi Logistik atau SPSL Joko Noerhudha menjelaskan, pengguna jalan tol dari arah Cibitung, Telaga Asih, Gabus, dan Tarumajaya yang akan menuju IC Cilincing dapat masuk melalui Gerbang Tol (GT) Marunda menuju Tol JORR-1, melalui ruas Tol Akses Tanjung Priok (ATP) ke arah Tanjung Priok sampai dengan tol dalam kota.

Kemudian, bagi pengguna yang akan menuju arah Cikunir, Pasar Minggu, sampai Pondok Indah, dapat mengakses Ramp 4, sedangkan pengguna jalan yang ingin keluar ke jalan arteri dapat mengambil jalur paling kiri ke arah GT Semper.

"PT Pelindo Solusi Logistik melalui PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways (PT CTP) akan bekerja sama dengan pihak Hutama Karya selaku operator ruas Tol Akses Tanjung Priok terkait pengoperasian GT Marunda dan GT Semper sehingga akan memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan tol pada saat pengoperasian secara fungsional guna mendukung arus kendaraan logistik serta kelancaran arus mudik dan barang menjelang dan sepanjang periode Lebaran 2023," ujarnya melalui keterangan resminya yang dikutip pada Minggu (2/4/2023). 

Joko menambahkan, pengguna jalan yang akan memanfaatkan Jalan Tol Cibitung–Cilincing pada saat arus mudik menuju ke arah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan seterusnya, dapat melalui on ramp dari arteri Semper Timur menuju arah Marunda, dan dapat langsung menuju ke Jalan Tol Jakarta–Cikampek arah Cibitung di sekitar KM 25 (IC Cibitung), melalui GT Cibitung 2 dan dapat melanjutkan perjalanan ke Ruas Tol Cikampek-Palimanan. 

Begitu juga pengguna jalan yang akan menuju Bandara Soekarno Hatta dan sebaliknya, dapat menggunakan akses Toll to Toll JORR-1 menuju tol dalam kota dan tol bandara, Jalan Tol Sedyatmo tanpa harus melewati kepadatan di Simpang Susun Cikunir ataupun tol dalam kota arah Semanggi. 

Dengan adanya JTCC, diharapkan dapat memicu terjadinya pertumbuhan kawasan permukiman/land development baru di sekitar trase jalan tol yang dapat tersambung langsung dengan JTCC serta dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional terutama masyarakat di sekitar wilayah JTCC. 

“JTCC Seksi 4 juga termasuk ke dalam bagian dari sederet jalan tol baru di Indonesia yang beroperasi fungsional saat arus mudik lebaran,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper