Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bikin Was-was! Ini Dampak Kebangkrutan Silicon Valley Bank

Apa saja dampak kebangkrutan Silicon Valley Bank bagi ekonomi Amerika Serikat? Simak penjelasannya.
Nasabah mencoba membuka pintu kantor pusat Silicon Valley Bank di Santa Clara, California, AS, Jumat (10/3/2023). /Bloomberg-Philip Pacheco
Nasabah mencoba membuka pintu kantor pusat Silicon Valley Bank di Santa Clara, California, AS, Jumat (10/3/2023). /Bloomberg-Philip Pacheco

Bisnis.com, JAKARTA - Silicon Valley Bank (SVB) ditutup secara mendadak oleh otoritas berwenang California, Amerika Serikat (AS) Jumat (10/3/2023). Lantas, apa dampak bangkrutnya SBV?

Kebangkrutan bank terbesar ke-16 di AS secara tiba-tiba ini tak hanya menimbulkan kesulitan bagi pebisnis dan pelaku UMKM, tetapi juga tenaga kerjanya.

Masalah di Silicon Valley Bank sebagian berasal dari kenaikan suku bunga agresif Federal Reserve (The Fed) selama setahun terakhir. Ketika suku bunga mendekati nol, bank memuat obligasi atau surat utang jangka panjang yang memiliki risiko rendah. 

Ekonom Moody's Analytics Mark Zandi mengatakan bahwa SVB gagal sebagian besar karena industri teknologi terikat dengan kenaikan suku bunga dan perubahan preferensi konsumen, sebagaimana dikutip dari CBS News pada Senin (13/3/2023).

Gubernur California Gavin Newsom telah berbicara dengan Gedung Putih untuk membantu menstabilkan situasi tersebut secepat mungkin. Dia berharap upayanya bisa melindungi para tenaga kerja, mata pencarian masyarakat, dan seluruh ekosistem inovasi yang telah berfungsi sebagai tiang bagi perekonomian AS.

Deposan AS dengan dana kurang dari US$250.000 di bank tersebut bisa menggunakan asuransi yang disediakan Federal Deposit Insurance Corp (FDIC). Sementara itu, regulator tersebut masih mencari pembeli untuk bank tersebut.

"Saat bank mengalami kerugian finansial, itu harus menjadi perhatian," ujar Menteri Keuangan (Menkeu) AS Janet Yellen.

Seperti diketahui, Silicon Valley Bank juga melayani beberapa perusahaan besar, mulai dari Roku, Pinterest, Shopify, dan Etsy.

Juru bicara Etsy mengungkapkan baru-baru ini mengalami penundaan pembayaran ke beberapa penjual karena kebangkrutan SVB. Adapun, pemilik usaha kecil dan penjual Etsy Amber Fields termasuk di antara mereka yang terkena dampak bangkrutnya SVB.

Pihak Roku memperkirakan kebangkrutan SVB tidak berdampak pada operasinya karena memiliki akses ke US$1,4 miliar dalam bentuk tunai dan setara kas, yang didistribusikan ke berbagai lembaga keuangan besar.

"Jika regulator tidak bertindak cepat, kejatuhan Silicon Valley Bank akan memiliki konsekuensi luas untuk usaha kecil, startup, dan organisasi nirlaba serta perekonomian kita yang lebih luas." Cuit Senator Alex Padilla.

Adapun, Bank of England (BOE) mengungkapkan mereka segera menempatkan Silicon Valley Bank UK dalam prosedur kebangkrutannya, dan akan membayar deposan yang memenuhi syarat hingga 170.000 poundsterling untuk rekening bersama secepat mungkin. Bahkan, pihak BOE mengungkap bahwa aset SVB UK akan dijual untuk membayar kreditur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper