Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler Hari Ini: Tol Sumut Segera Nyambung sampai Aceh, Kemenperin Pilih Retrofit KRL Lama

Progres jalan tol Sumatra Utara (Sumut) dan keputusan Kemenperin terkait KRL menjadi topik terpopuler di Kanal Ekonomi Bisnis.com.
Foto udara Interchange Helvetia di ruas tol Medan-Binjai yang merupakan bagian dari Tol Trans Sumatra di Medan, Sumatra Utara, Rabu (6/3/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam
Foto udara Interchange Helvetia di ruas tol Medan-Binjai yang merupakan bagian dari Tol Trans Sumatra di Medan, Sumatra Utara, Rabu (6/3/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Perkembangan pembangunan jalan tol Binjai-Langsa menjadi berita yang paling banyak dibaca di Kanal Ekonomi Bisnis.com.

Pemprov Sumatra Utara (Sumut) menargetkan seksi Pangkalan Brandan-Kuala Simpang bisa selesai pada tahun ini.

Selain itu, keputusan Kemenperin untuk melakukan retrofit terhadap kereta KRL juga menjadi berita terpopuler.

Berikut daftar 5 berita terpopuler di Kanal Ekonomi Bisnis.com selengkapnya:

1. Hore! Tol Sumatra Utara Tersambung Hingga Aceh Tahun Ini

Pemerintah Provinsi Sumatra Utara (Sumut) menargetkan proyek pembangunan jalan tol Binjai-Langsa, seksi Pangkalan Brandan-Kuala Simpang dapat selesai pada tahun ini.

Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi, mengatakan pihaknya tengah mendorong proses pembebasan lahan agar dapat diselesaikan, sehingga kegiatan konstruksi jalan tol yang menjadi bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) ini dapat dipercepat pelaksanaannya.

"Tahun ini harus selesai tolnya, khusus tanggung jawab Sumatra Utara, sampai ke Kuala Simpang," kata Edy kepada Bisnis, (8/3/2023).

2. Bukan Impor KRL, Kemenperin Putuskan Retrofit Kereta Lama

Permasalahan pemensiunan rangkaian gerbong kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek, pemerintah mengutamakan pilihan untuk melakukan retrofit terhadap kereta lama.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menilai kereta lama masih bisa diperbarui dengan teknologi baru sehingga bisa kembali dipergunakan.

"Jangan salah ya, pemerintah memutuskan retrofit," kata Menperin kepada awak media, Kamis (9/3/2023).

3. Duh, Investor Utama Megaproyek DME Bukit Asam (PTBA) Mengundurkan Diri

Air Products & Chemical Inc (APCI) resmi menyampaikan surat pengunduran diri dari proyek strategis nasional gasifikasi batu bara menjadi dimethyl ether (DME) milik PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) dan PT Pertamina (Persero).

Surat pengunduran diri APCI disebutkan dikirim ke Kementerian Investasi beberapa waktu lalu.

Lewat surat itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi diketahui menggelar rapat terbatas (Ratas) bersama menteri terkait, termasuk Menteri Investasi Bahlil Lahadalia di Istana Presiden, Jakarta, Selasa (7/3/2023).

4. Kepala BKF: PDB per Kapita Indonesia Sudah Masuk Kategori Upper Middle Income

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu mengungkapkan bahwa seharusnya saat ini Indonesia sudah masuk ke dalam kategori negara berpenghasilan menengah atas atau upper middle income.

“Indonesia seharusnya tahun ini sudah masuk kategori upper middle income. Pernah masuk dua tahun lalu, karena pandemi Covid-19, kemudian masuk ke lower,” ujarnya dalam Market Outlook CNBC 2023, Kamis (9/3/2023).

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan produk dometsik bruto (PDB) atau gross national income (GNI) per kapita Indonesia 2022 mencapai Rp71 juta atau US$4.783.

5. Erick Thohir Siapkan 2-3 Nama Calon Dirut Perum Bulog

Nama calon pengganti Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso alias Buwas masih didiskusikan, mengingat masa jabatan Buwas yang akan berakhir pada April mendatang.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, proses pengajuan nama calon saat ini sedang berjalan.

"Kalau ditanya, ya prosesnya sedang berjalan. Tapi siapapun ya nanti kita lihat," kata Erick saat ditemui di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Kamis (9/3/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper