Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Industri Tekstil Tertekan: Ekspor Melempem, Domestik Banjir Impor Ilegal

Derasnya impor produk tesktil baik legal maupun ilegal, serta melemahnya ekspor membuat kejatuhan industri tekstil nasional lebih cepat.
Sejumlah karyawan tengah memproduksi pakaian jadi di salah satu pabrik produsen dan eksportir garmen di Bandung, Jawa Barat, Selasa (25/1/2022). Bisnis/Rachman
Sejumlah karyawan tengah memproduksi pakaian jadi di salah satu pabrik produsen dan eksportir garmen di Bandung, Jawa Barat, Selasa (25/1/2022). Bisnis/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Pelaku industri tekstil menghadapi tantangan dari dua arah sekaligus, pasar ekspor  melemah seiring negara tujuan dibelit krisis dan pasar domestik yang dibanjiri produk impor ilegal.

Tercatat, penurunan permintaan ekspor telah memicu gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) di industri tekstil sejak kuartal III/2022 lalu hingga kini masih berlanjut.

Selain itu, menurut Ketua Umum Asosiasi Produsen Serat dan Benang Filament Indonesia (APSyFI) Redma Wirawasta,  para pelaku usaha juga harus menghadapi penuhnya pasar dalam negeri oleh produk impor.

Menurut Redma, ketika produk industri dalam negeri tak lagi bisa mengandalkan pasar global, seharusnya pasar domestik sebagai substitusi. Namun pada kenyataannya, pasar domestik tengah sesak oleh produk impor, ditambah produk pakaian bekas ilegal yang didatangkan dari luar negeri.

“Ketika yang ekspor terganggu karena pasar, seharusnya mereka mengalihkan ke pasar domestik, tapi kan pasar domestiknya sudah penuh sama yang impor, jadi nggak bisa juga,” kata Redma saat dihubungi Bisnis pada Senin (6/3/2023).

Lebih lanjut Redma menjelaskan, hal inilah yang membuat gelombang PHK merebak dan belum usai hingga kini. 

“PHK itu bukan hanya dipicu melemahnya ekspor tapi yang orientasi domestik juga sama,” tambahnya.

Redma menilai jatuhnya pasar tekstil domestik maupun impor berimbas ke seluruh rantai produksi tekstil. Penurunan permintaan ekspor terjadi sejak kuartal II/2022, yang membuat pelaku industri di hilir termasuk pengusaha industri menengah kecil (IKM) menyetop produksi.

Menurut Redma, ketika industri tekstil yang berorientasi ekspor tersebut berhenti beroperasi, maka industri tekstil sektor hulu akan kehilangan pembeli. Akhirnya, PHK juga dilakukan di sektor ini, meskipun orientasinya adalah pasar domestik.

“Yang biasanya IKM beli bahan baku, sekarang jadi gak beli bahan baku, nah itu terdampak dari situ domestiknya,” kata Redma.

Padahal seharusnya, menurut Redma IKM yang berorientasi ekspor bisa mengalihkan penjualannya ke pasar domestik, jika saja pasar domestik tidak dikuasai oleh produk impor.

Sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jemmy Kartiwa menyebutkan pada pertengahan November 2022 lalu, angka pengurangan tenaga kerja di industri garmen lebih dari 79.316 orang. 

Gelombang pemangkasan karyawan tersebut, diperkirakan masih akan berlanjut. Bahkan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengungkap data jumlah kasus PHK dari semua industri sepanjang tahun 2022 lalu mendekati angka 1 juta kasus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Widya Islamiati
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper