Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler Hari Ini: Kekayaan Eko Darmanto, Kepala Bea Cukai Yogyakarta yang Dicopot

Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto menjadi topik hangat di Kanal Ekonomi Bisnis.com.
Kepala Kantor Bea Cukai Yogjakarta Eko Darmanto. Dok. Bea Cukai
Kepala Kantor Bea Cukai Yogjakarta Eko Darmanto. Dok. Bea Cukai

Bisnis.com, JAKARTA - Pembaca Kanal Ekonomi Bisnis.com mencermati perkembangan soal Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto yang baru saja dicopot buntut dari pamer kekayaan di media sosial.

Kekayaan Eko Darmanto dan berita saat dia dicopot menjadi berita yang paling banyak dibaca di Kanal Ekonomi Bisnis.com.

Berikut daftar 5 berita terpopuler di Kanal Ekonomi Bisnis.com:

1. Intip Kekayaan Eko Darmanto, Kepala Bea Cukai Yogyakarta yang Baru Dicopot

Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto, yang dicopot dari jabatannya oleh Kementerian Keuangan, tercatat memiliki kekayaan Rp6,72 miliar.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2021, kekayaan ED terdiri atas tanah dan bangunan senilai Rp12,5 miliar, transportasi Rp2,9 miliar, harga bergerak Rp100,7 juta, dan kas Rp238,90 juta. Jumlah ini kemudian dikurangi utang Rp9,01 miliar.

Selain itu, berdasarkan pemeriksaan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, ED juga diketahui mempunyai kendaraan motor gede atau moge yang belum dimasukkan ke dalam LHKPN.

2. Eko Darmanto Dicopot dari Kepala Bea Cukai Yogyakarta!

Kementerian Keuangan menginstruksikan kepada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai untuk membebastugaskan Kepala Kantor Bea dan Cukai Yogyakarta Eko Darmanto. ED menjadi sorotan publik lantaran sering memamerkan gaya hidup mewah di media sosial.

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menyampaikan bahwa Direktorat Jenderal Bea dan Cukai melalui Direktorat Kepatutan Internal telah memeriksa ED untuk memberikan keterangan terkait sederet kendaraan mewah yang kerap dipamerkannya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, ED mengakui memiliki kendaraan motor gede (moge) yang belum dimasukkan dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

3. Jokowi Sambangi Smelter Milik Boy Thohir Proyek Senilai US$2 Miliar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan smelter alumunium milik konglomerat Boy Thohir melalui anak usaha PT Adaro Minerals Indonesia Tbk. (ADMR), PT Kalimantan Aluminium Industry (KAI) di Kalimantan Utara, Selasa (28/2/2023).

Smelter yang ditargetkan beroperasi pada semester I/2025 itu digadang-gadang menjadi smelter alumunium terbesar di Indonesia dengan nilai investasi mencapai US$2 miliar.

Presiden Direktur Adaro Minerals Indonesia Christian Ariano Rachmat mengatakan pembangunan smelter tersebut dilakukan untuk mendukung rencana hilirisasi mineral pemerintah guna menghasilkan nilai tambah untuk mendukung pendapatan negara dan penerimaan devisa.

4. Surat Pengunduran Diri Rafael Trisambodo Ditolak!

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menolak surat pengunduran diri mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Rafael Alun Trisambodo atau RAT.

Penolakan surat pengunduran diri tersebut dilakukan untuk mempermudah proses pemeriksaan sumber kekayaan dari ayah Mario Dandy Satriyo, tersangka pelaku penganiayaan.

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menyampaikan bahwa surat pengunduran diri RAT telah diterima Inspektorat Jenderal Kemenkeu sejak 27 Februari lalu.

5. Daftar Daerah yang Wajibkan Beli BBM Pakai MyPertamina per 7 Maret

PT Pertamina mewajibkan penggunaan QR Code melalui MyPertamina untuk pembelian bahan bakar minyak (BBM) jenis solar subsidi di wilayah Sumatra, NTT, dan Kalimantan per 7 Maret 2023.

Melansir laman resmi MyPertamina, Kamis (2/3/2023), uji coba pembelian BBM solar subsidi dengan menggunakan MyPertamina telah dilaksanakan sejak 26 Desember 2022 di 264 daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper