Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Intip Kekayaan Eko Darmanto, Kepala Bea Cukai Yogyakarta yang Baru Dicopot

Berikut daftar harta kekayaan Eko Darmanto. Kepala Bea Cukai Yogyakarya yang baru dicopot dari jabatannya gara-gara suka pamer.
Kepala Kantor Bea Cukai Yogjakarta Eko Darmanto. Dok. Bea Cukai
Kepala Kantor Bea Cukai Yogjakarta Eko Darmanto. Dok. Bea Cukai

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto, yang dicopot dari jabatannya oleh Kementerian Keuangan, tercatat memiliki kekayaan Rp6,72 miliar. 

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2021, kekayaan ED terdiri atas tanah dan bangunan senilai Rp12,5 miliar, transportasi Rp2,9 miliar, harga bergerak Rp100,7 juta, dan kas Rp238,90 juta. Jumlah ini kemudian dikurangi utang Rp9,01 miliar.

Selain itu, berdasarkan pemeriksaan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, ED juga diketahui mempunyai  kendaraan motor gede atau moge yang belum dimasukkan ke dalam LHKPN. 

ED yang menduduki jabatan Kepala Kantor Bea dan Cukai Yogyakarta menjadi sorotan publik karena sering memamerkan gaya hidup mewah di media sosial.

Akibatnya, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara telah menginstruksikan kepada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai untuk segera mencopot ED dari tugas dan jabatannnya sebagai Kepala Bea Cukai Yogyakarta.

“Dalam rangka memudahkan pemeriksaan, saya telah menginstruksikan kepada Direktur Jenderal Bea dan Cukai untuk melakukan pembebastugasan dan pencopotan dari jabatan [ED],” pungkasnya dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (1/3/2023).

Suahasil juga meminta kepada Inspektorat Jenderal Kemenkeu serta Direktorat Jenderal Bea dan Cukai untuk melakukan investigasi lebih lanjut atas perilaku, kecocokan harta, SPT pajak, dan utang dalam LHKPN.

Sementara itu, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Askolani menyatakan pihaknya akan segera mencopot ED dari jabatannya sesuai dengan instruksi Wakil Menteri Keuangan. 

"Dalam waktu dekat Inspektorat Jenderal Kemenkeu akan membentuk tim investigasi dan sejalan dengan pembentukan tim investigasi tersebut, kami maka akan segera melakukan pembebasan tugas supaya ini dapat diperiksa lebih leluasa," kata Askolani.

Berikut daftar mobil milik Eko Darmanto berdasarkan LHKPN  

  1. BMW Sedan tahun 2018 – Rp850 Juta
  2. Mercedes Benz Sedan tahun 2018 –Rp600 juta
  3. Jeep Willys tahun 1944 –Rp150 juta
  4. Chevrolet Bell Air (bekas) tahun 1955 – Rp200 juta
  5. Toyota Fortuner tahun 2019 – Rp400 juta
  6. Mazda 2 tahun tahun 2019 – Rp200 juta
  7. Dodge Fargo (bekas) tahun 1957 – Rp150 juta
  8. Chevrolet Apache tahun 1957 – Rp200 juta
  9. Ford Bronco (bekas) tahun 1972 – Rp150 juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper