Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Top 5 News Ekonomi: Biang Kerok Sejumlah Mal di Jakarta Sepi dan 6 Big Tech yang PHK Karyawan

Berita mengenai alasan beberapa mal di Jakarta sepi pengunjung dan daftar perusahaan teknologi raksasa yang diterpa badai PHK menjadi top 5 news Kanal Ekonomi.
Kondisi di pusat perbelanjaan Ratu Plaza, Jakarta yang sepi penyewa dan pengunjung, Minggu (8/1/2023). BISNIS/Afiffah Rahmah Nurdifa
Kondisi di pusat perbelanjaan Ratu Plaza, Jakarta yang sepi penyewa dan pengunjung, Minggu (8/1/2023). BISNIS/Afiffah Rahmah Nurdifa

Bisnis.com, JAKARTA - Pembaca Kanal Ekonomi Bisnis.com mencermati berita mengenai penyebab sejumlah mal di Ibu Kota sepi pengunjung, terutama pasca pandemi Covid-19.

Selain itu, berita mengenai daftar perusahaan teknologi yang memutus hubungan kerja para karyawan juga menjadi perhatian pembaca.

Berikut daftar 5 berita terpopuler di Kanal Ekonomi Bisnis.com:

1. Ini Ternyata Penyebab Mal Sejenis Ratu Plaza Sepi Pengunjung

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) optimistis pusat perbelanjaan atau mal di pusat Jakarta tidak akan lagi banyak yang sepi. Hal ini lantaran ruang ritel jenis strata title cukup jarang ditemukan.

Ketua Umum Aprindo, Roy N. Mandey mengatakan, dari ratusan ritel di seluruh Indonesia, mal strata yang menerapkan konsep ruang ritel milik pribadi bukan sewa, hanya ada kurang dari 10 persen di Tanah Air.

"Mal strata itu dari 326 mal di seluruh Indonesia yang strata itu lebih kurang nggak sampai 10 persen, yang lain semuanya 90 persen lease [penyewaan ruang] mal," kata Roy, dikutip Minggu (12/2/2023).

2. Enam Industri Ini Dapat Fasilitas Bebas Bea Masuk Bahan Baku dari Korsel

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menetapkan tarif bea masuk User Specific Duty Free Scheme Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (USDFS IKCEPA) sebesar 0 persen terhadap impor bahan baku asal Korea Selatan. Ada enam industri yang memperoleh fasilitas ini.

Aturan yang mulai berlaku sejak 1 Januari 2023 itu tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 228/2022 tentang Penetapan Tarif Bea Masuk Melalui User Specific Duty Free Scheme Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (USDFS IKCEPA).

3. 2.730 Hotel Dijual di Online Harga Mulai Rp75 Juta! Bali Terbanyak

Pandemi Covid-19 bukan hanya berdampak pada sektor teknologi, sektor perhotelan di Indonesia pun terkena dampak tersebut.

Banyak hotel dijual di situs online dengan harga mulai Rp75 juta hingga Rp12 triliun, dengan Bali menjadi provinsi yang terbanyak melego aset utama bisnis tersebut.

Berdasarkan DataIndonesia.id, Senin (13/2/2023), dari laman Lamudi.co.id terdapat 2.730 hotel dijual di Indonesia per 31 Januari 2023.

4. Kapasitas Produksi NPK Pupuk Indonesia Bertambah Jadi 3,7 Juta Ton

PT Pupuk Indonesia (Persero) menambah kapasitas produksinya melalui pembangunan pabrik pupuk nitrogen, phospor, dan kalium (NPK) baru milik anak usahanya, PT Pupuk Iskandar Muda (PIM).

Peresmian pabrik pupuk NPK baru milik holding badan usaha milik negara (BUMN) di sektor pupuk PT Pupuk Indonesia (Persero) melalui anak usaha PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) menambah produksi NPK grup Pupuk Indonesia menjadi 3,7 juta ton per tahun.

Direktur Utama Pupuk Indonesia Bakir Pasaman menyebutkan, dengan pabrik PIM yang baru saja diresmikan, kapasitas produksi pupuk NPK grup perusahaan pelat merah sektor pupuk yang digawanginya ini bertambah menjadi 3,7 juta ton per tahun.

5. 6 Perusahaan Teknologi yang PHK Karyawan: Google, Amazon, Yahoo!

Pekerja di perusahaan teknologi terus merasa was-was akibat badai pemutusan hubungan kerja (PHK) sejak 2022 hingga awal 2023 yang terus mengancam posisi mereka.

Berikut daftar 6 perusahaan teknologi raksasa yang PHK karyawan, mulai dari Google, Amazon, hingga Yahoo! Perusahaan raksasa global penyedia jasa internet hingga e-commerce terus melakukan efisiensi terhadap pekerja di tengah isu resesi pada tahun ini.

Meski terkesan mendulang profit, faktanya banyak perusahaan bertaraf global pun menerapkan kebijakan untuk PHK karyawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper