Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Resmikan Tol Pekanbaru-Bangkinang, Kapan Tersambung hingga Padang?

Presiden Joko Widodo telah meresmikan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang yang merupakan bagian dari Jalan Tol Pekanbaru-Padang pada Rabu (4/1/2023).
Presiden Joko Widodo Jokowi (tengah) dan rombongan usai meresmikan tol Pekanbaru-Bangkinang, Rabu (4/1/2023). JIBI/Bisnis-Arif Gunawan
Presiden Joko Widodo Jokowi (tengah) dan rombongan usai meresmikan tol Pekanbaru-Bangkinang, Rabu (4/1/2023). JIBI/Bisnis-Arif Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah meresmikan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang yang merupakan bagian dari Jalan Tol Pekanbaru-Padang pada Rabu (4/1/2023). Diresmikannya ruas tersebut menambah jalan tol sirip di Pulau Sumatra.

Presiden Joko Widodo mengatakan, Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 30,9 kilometer (km) yang dibangun dengan menghabiskan anggaran Rp4,8 triliun nantinya akan disambungkan lingkar Pekanbaru sehingga Dumai-Pekanbaru-Bangkinang akan tersambung, terus ke arah Padang. 

Namun, dalam pidatonya Jokowi belum dapat memastikan kapan seluruh ruas jalan tol Pekanbaru-Padang dapat tersambung secara utuh.

"Selesainya kapan? Saya tidak bisa bicara karena memang masih panjang," ujarnya seperti dikutip dalam Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (4/1/2023).

Sementara itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan dua ruas jalan tol yang merupakan bagian dari Jalan Tol Pekanbaru-Padang akan selesai hingga 2024 mendatang. Kedua ruas itu akan semakin mempersingkat waktu tempuh kedua provinsi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif seperti kawasan industri, pariwisata, bandara, dan pelabuhan akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri. 

"Pada ruas tol Pekanbaru-Padang, sekarang sudah bisa selesai Pekanbaru-Bangkinang dan akan dilanjutkan sampai Pangkalan yang akan selesai pada 2024. Dari arah Padang, kini sedang dikerjakan Tol Padang-Sicincin, insyaallah juga selesai 2024," kata Menteri Basuki dalam keterangan resminya, Rabu (4/1/2023).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, dengan tersambungnya ruas Tol Pekanbaru hingga Pangkalan diharapkan dapat menjadi tulang punggung Trans Sumatra yang menciptakan kawasan perekonomian baru di Provinsi Riau. 

Khususnya mendorong tumbuhnya industri perkebunan, pertambangan, dan industri turunannya di Kabupaten Kampar serta mendongkrak kawasan pariwisata Candi Muara Takus. 

"Harapan kita kalau Tol Bangkinang-Pangkalan juga selesai dari 3 jam Pekanbaru menuju Muara Takus bisa kita pangkas menjadi 1-1,5 jam saja. Ruas tol ini akan menjadi pengungkit baru perekonomian di Provinsi Riau," kata Danang Parikesit. 

Adapun, pembangunan ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 40 km merupakan penugasan pemerintah kepada PT Hutama Karya (Persero) sebagai Badan Usaha Jalan Tol dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. dan PT Hutama Karya Infrastruktur sebagai kontraktor pelaksana sejak 2021 dengan nilai investasi Rp4,8 triliun. 

Dari total panjang jalan utama 40 km, sepanjang 30,9 km (On/Off Sungai Pinang-SS Bangkinang) diresmikan Presiden Jokowi, sisanya sepanjang 9,1 km (JC Pekanbaru-On/Off Sungai Pinang) telah terbangun 1,5 km dengan target penyelesaian konstruksi 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper