Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina NRE dan Kilang Pertamina Internasional Bangun PLTS 10 MWp

Pertamina NRE bekerja sama dengan Kilang Pertamina Internasional untuk membangun empat PLTS di area kilang, yang ditargetkan capai 10 MWp.
Ilustrasi. Petugas memeriksa panel surya di PLTS. / Bisnis - David E. Issetiabudi
Ilustrasi. Petugas memeriksa panel surya di PLTS. / Bisnis - David E. Issetiabudi

Bisnis.com, JAKARTA - Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) dan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) menggelar penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang akan memanfaatkan PLTS di kilang-kilang seluruh Indonesia.

Penandatanganan dilakukan oleh Chief Executive Officer Pertamina NRE, Dannif Danusaputro dan Direktur Utama KPI Taufik Aditiyawarman di Mason Pine, Padalarang Jumat (30/12/2022). 

Dalam pembangunan area kilang tahap 2 ini, ada empat area kilang dengan total kapasitas terpasang 6,45 MWp, meliputi Kilang Dumai, Kilang Plaju, Kilang Cilacap, dan Kilang Balongan. Dari empat kilang tersebut, diperkirakan dapat mengurangi emisi sebesar 7,3 ton CO2e per tahun.

Kerja sama yang digelar Pertamina NRE dan KPI ini akan berlangsung hingga 25 tahun ke depan. CEO Pertamina NRE, Dannif Danusaputro mengatakan Pertamina NRE akan memastikan kehandalan PLTS yang dipasang dapat beroperasi dan menyuplai listrik untuk kegiatan operasi kilang selama 25 tahun dengan lancar dan diharapkan juga berkontribusi mengurangi emisi karbon serta meningkatkan efisiensi energi dalam operasionalnya.

“Banyak tantangan yang harus dihadapi dalam mengembangkan PLTS yang handal dan efisien. Namun, kita optimis mampu mengelola dan menjamin keandalan PLTS yang kita pasang untuk mensupport operasional kilang,” kata Dannif dalam keterangan pers, Selasa (3/1/2022). 

Hal senada juga diungkapkan Direktur Utama KPI, Taufik Adityawarman. Menurutnya KPI sangat menyambut baik rencana pemanfaatan energi ramah lingkungan yang sejalan dengan semangat Pertamina dalam mendukung Net Zero Emission 2060 serta rencana rating ESG KPI di tahun 2023. 

“Semoga kerja sama ini mampu menjadi wadah peningkatan pengetahuan untuk meningkatkan kehandalan operasional kilang. Dan juga menjadi sarana dalam mengimplementasikan energi masa depan yang lebih efisien dan ramah lingkungan,” tambah Taufik.

Sebelumnya pada tahap 1 Pertamina NRE telah membangun PLTS di area Kilang Dumai dengan kapasitas 2 MWp dan area Kilang Cilacap dengan kapasitas 1,34 MWp. Secara total kapasitas PLTS di area kilang Pertamina tahap 1 dan 2 mencapai kurang lebih 10MWp.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Widya Islamiati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper