Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BPS: Inflasi Indonesia Sepanjang 2022 Tembus 5,51 Persen

Simak pernyataan Badan Pusat Statistik (BPS) terkait data inflasi Desember 2022 atau sepanjang 2022 yang meningkat menjadi 5,51 persen (yoy).
Kepala BPS RI Margo Yuwono. Dok. BPS RI
Kepala BPS RI Margo Yuwono. Dok. BPS RI

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Indonesia mengalami inflasi sebesar 0,66 persen pada Desember 2022 (month-to-month/mtm). Inflasi terjadi akibat imbas perayaan Natal dan Tahun Baru 2023. 

Capaian tersebut membuat laju inflasi secara tahunan sudah menembus persen 5,51 persen (year-on-year/yoy).

"Pada Desember 2022 terjadi inflasi 5,51 persen dibandingkan tahun lalu [yoy]," ujar Kepala BPS RI Margo Yuwono, Senin (2/1/2023). 

Margo menuturkan komoditas penyumbang inflasi tertinggi secara bulanan, antara lain kelompok pengeluaran penyumbang inflasi bulanan dari makanan minuman dan tembakau terbesar.

Kelompok penyumbang inflasi lainnya kemudian diikuti perumahan, air listrik, bahan bakar rumah tangga, diikuti transportasi memberikan andil 0,06 persen atau terjadi inflasi 0,45 persen. 

"Inflasi Desember 0,66 persen komoditas penyumbang inflasi mtm antara lain beras dan tarif air minum PAM," jelasnya. 

Dia mengatakan BPS memantau inflasi seluruh kota di Indonesia. Menurutnya, seluruh kota mengalami kenaikan indeks harga konsumen atau IHK inflasi. Angka inflasi tertinggi terjadi di Bandung 2,04 persen dan terendah di Sorong 0,01 persen.

Margo mengatakan sebelum pandemi, pada Desember 2022 terjadi inflasi 0,34 persen. Sementara itu, di masa pandemi 2020 dan 2021 ada peningkatan 0,45 persen dan 0,57 persen.

"Desember 2022 terjadi inflasi mencapai 0,66 persen karena faktor musiman, yaitu liburan sekolah dan Natal dan Tahun Baru," ungkapnya. 

BPS mencatat Indonesia mengalami inflasi 0,09 persen pada November 2022 (month-to-month/mtm). Kondisi ini membuat, laju inflasi secara tahunan sudah menembus 5,42 (year-on-year/yoy).

Sebelumnya, Ekonom Bank Mandiri Faisal Rachman memperkirakan inflasi pada Desember 2022 akan mencapai 0,55 persen secara bulanan (month-to-month/mtm).

Tingkat inflasi tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan capaian inflasi pada bulan sebelumnya, yaitu sebesar 0,09 persen mtm.

Menurut Faisal, penguatan inflasi pada akhir tahun disebabkan oleh faktor musiman perayaan Natal dan tahun baru.

“Indeks Harga Konsumen diperkirakan melonjak sebesar 0,55 persen mtm pada Desember 2022 di tengah musim liburan Natal dan Tahun Baru, yang meningkatkan permintaan rekreasi dan perjalanan,” katanya, Senin (2/1/2023). 

BPS: Inflasi Indonesia Sepanjang 2022 Tembus 5,51 Persen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper