Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Beredar Pesan Tagihan Listrik di WhatsApp, PLN: Hoax

Setelah hoax yang mengatasnamakan kurir dari perusahaan jasa logistik dan ekspedisi barang, masyarakat diincar mengatasnamakan PLN dengan dalih tagihan listrik.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 09 Desember 2022  |  02:00 WIB
Beredar Pesan Tagihan Listrik di WhatsApp, PLN: Hoax
Warga melakukan pengisian listrik. - Bisnis/Eusebio Chrysnamurti.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan Listrik Negara atau PT PLN (Persero) menanggapi kabar mengenai pesan tunggakan rekening listrik melalui aplikasi pesan instan WhatsApp yang beredar di masyarakat. PLN memastikan pesan dari oknum tidak bertanggung jawab tersebut adalah hoax atau tidak dibenarkan.

Dikutip dari laman Instagram resminya, PLN mengimbau masyarakat untuk tidak menanggapi pesan WhatsApp yang meminta untuk mengunduh atau membuka aplikasi PLN yang disertai dengan pemberitahuan tunggakan rekening listrik. Lantaran pesan tersebut bukan dari pihak PLN.

“Pemberitaan yang terkait tunggakan rekening listrik disertai ajakan mendownload atau membuka aplikasi PLN.apk agar terhindar dari pemblokiran dan pemutusan listrik rumah pelanggan itu tidak benar, dan informasi tersebut bukan informasi dari PT PLN (Persero),” tulis PLN dalam laman Instagram pribadinya dikutip, Kamis (8/12/2022).

Selain itu, PLN juga menyebutkan, PLN tidak pernah melakukan transaksi penagihan melalui file aplikasi apapun selain aplikasi resmi PLN, yaitu PLN Mobile. Sehingga masyarakat hanya bisa mengecek tagihan listrik ataupun melakukan pembayaran secara virtual melalui aplikasi tersebut. 

Pesan hoax mengenai pemberitahuan tunggakan listrik disertai dengan arahan mengunduh aplikasi PLN ini beredar di media sosial, setelah beberapa waktu yang lalu beredar pesan hoax yang mengatasnamakan kurir dari perusahaan jasa logistik dan ekspedisi barang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN hoax pencurian data
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top