Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sekjen PBB: Saya Harapkan Kehadiran Putin di KTT G20 Indonesia

Sekjen PBB Antonio Guterres mengharapkan kehadiran Presiden Rusia Vladimir Putin di KTT G20 Bali, Indonesia.
Sekretaris Jenderal Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres dalam konferensi pers di acara KTT G20 Indonesia di Nusa Dua, Bali, Senin (14/11/2022) -  BISNIS/Feni Freycinetia Fitriani.
Sekretaris Jenderal Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres dalam konferensi pers di acara KTT G20 Indonesia di Nusa Dua, Bali, Senin (14/11/2022) - BISNIS/Feni Freycinetia Fitriani.

Bisnis.com, JAKARTA — Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres, menyatakan bahwa pihaknya mengharapkan kehadiran Presiden Rusia, Vladimir Vladimirovich Putin, di Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Guterres dalam konferensi pers di Media Center G20, Nusa Dua, Bali. Selang beberapa waktu setelah mendarat di Bandara Ngurah Rai pada Senin (14/11/2022), dia menemui awak media dan menyampaikan sejumlah pesan.

Saat ditanya mengenai sikapnya terhadap ketidakhadiran Putin secara langsung di KTT G20. Dia menyatakan banyak pihak yang mengharapkan kehadiran Putin demi pembahasan yang lebih jelas soal perang di Ukraina.

Guterres pun menyatakan bahwa dia sangat mengharapkan kehadiran langsung Putin di Bali saat KTT G20. Menurutnya, kehadiran Putin akan membuat pembahasan berjalan lebih optimal.

"Pertama-tama, saya sebenarnya sangat mengharapkan kehadiran Presiden Putin di sini, dan pertemuan dengan Menteri [Luar Negeri Rusia Sergey Viktorovich] Lavrov akan lebih relevan apabila terdapat kehadiran Presiden Putin," ujar Guterres pada pada Senin (14/11/2022).

Sebelumnya, Putin disebut-sebut akan hadir ke Bali, tetapi beberapa hari yang lalu terdapat perkembangan kabar bahwa dia batal terbang ke Bali. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan pun mengonfirmasi hal tersebut.

"Karena dia [Putin] ada isu domestik yang harus ditangani," kata Luhut pada Sabtu (12/11/2022).

Luhut akan diwakili oleh Lavrov, yang telah mendarat di Bali pada Senin (14/11/2022) sore. Dia akan hadir secara langsung di KTT G20 bersama sejumlah delegasi lain dari negeri Beruang Merah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper