Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ramalan Bos Lippo Soal Prospek Properti di Tengah Ancaman Resesi

Sektor properti dinilai memiliki daya resiliensi yang tinggi selama pandemi. Hal ini diyakinimenjadi modal sektor properti melewati masa krisis.
CEO PT Lippo Karawaci Tbk. John Riady memberikan penjelasan saat halalbihalal dengan media, di Jakarta, Kamis (20/6/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam
CEO PT Lippo Karawaci Tbk. John Riady memberikan penjelasan saat halalbihalal dengan media, di Jakarta, Kamis (20/6/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Sektor properti dinilai masih akan prospektif, meski di tengah ancaman resesi global. Pertumbuhan kelas menengah yang kuat akan menjamin kesinambungan pertumbuhan permintaan properti.

Direktur Eksekutif Lippo Group John Riady mengatakan bahwa antisipasi imbas resesi global terhadap sektor properti harus dicermati secara jeli.

“Sejauh ini perkiraan makro terhadap perekonomian nasional masih jauh lebih baik dibandingkan rata-rata global. Jadi menurut saya, ancaman resesi memang ada. Tetapi dari potensi dan kekuatan struktur ekonomi Indonesia, kita masih bisa lebih baik dan mampu bertahan,” ujarnya melalui keterangan resmi, Minggu (23/10/2022).

Berbagai lembaga dunia, termasuk Dana Moneter International (IMF), memperkirakan perekonomian global akan masuk jurang resesi pada tahun depan. Dampak dari kenaikan suku bunga yang signifikan dalam waktu singkat disertai lonjakan inflasi akan memukul berbagai sektor ekonomi.

IMF menurunkan proyeksi pertumbuhan global untuk tahun depan hanya 2,7 persen dan memperingatkan resesi dunia yang keras jika pembuat kebijakan salah menangani perang melawan inflasi.

Sementara itu, pemerintah memproyeksikan pertumbuhan ekonomi kemungkinan akan mengalami revisi, di bawah target yang ditetapkan semula 5,3 persen. Namun, di sisi lain, dalam menghadapi potensi resesi tersebut, pemerintah dan bank sentral telah menerapkan berbagai strategi, mulai dari pengendalian inflasi dari sisi harga pangan, hingga perlahan menaikan suku bunga acuan.

Imbas kebijakan itupun akan mempengaruhi pasar, seperti terindikasi dari indeks kepercayaan konsumen dan indeks manufaktur yang juga menurun. Persoalan yang sama secara khusus juga bakal dirasakan sektor properti sebagai salah satu pilar perekonomian.

Terkait sektor properti, John menilai sektor ini akan tetap memiliki peluang pertumbuhan. Karena dari segi investasi, properti masih jadi aset yang baik di tengah kondisi ekonomi saat ini. Sebagai pemilik konglomerasi properti, dia menilai jika sektor properti bisa diselamatkan, daya tahan ekonomi nasional bisa lebih kuat.

John menambahkan, sejauh ini sektor properti merupakan salah satu sektor penyangga terbesar produk domestik bruto (PDB), sekitar 13,6 persen. Selain itu, terdapat ekosistem industri yang sangat besar terkait sektor properti, sedikitnya 175 jenis industri terlibat dalam sektor tersebut.

Dengan postur tersebut, dia menilai sektor properti mampu menggerakkan roda perekonomian dan mejadi andalan pendapatan pajak pusat maupun daerah.

“Karena itu penting bagi kami berupaya mengembangkan dan menyelamatkan sektor properti agar perekonomian nasional tetap tumbuh,” kata John.

John juga merespon positif langkah Bank Indonesia yang memutuskan untuk melanjutkan kebijakan relaksasi rasio loan to value/financing to value (LTV/FTV) untuk kredit/pembiayaan properti maksimal 100 persen. Mulanya insentif tersebut akan berakhir pada akhir tahun ini. Namun, Bank Indonesia dalam Rapat Dewan Gubernur BI pada 19-20 Oktober lalu memutuskan untuk memperpanjang hingga akhir 2023.

“Kami tentunya menyambut baik keputusan dari Bank Indonesia untuk melanjutkan kebijakan relaksasi di sektor properti ini. Perpanjangan insentif ini kami yakini akan mendorong penyaluran kredit perbankan kepada dunia usaha sehingga memperkuat pertumbuhan ekonomi nasional dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian," katanya.

Di sisi lain, John menganggap sektor properti telah menunjukkan daya tahan luar biasa selama pandemi. Daya resilensi yang sama, lanjutnya, akan menjadi modal sektor properti melewati masa krisis.

“Yang jelas, sektor properti akan tetap prospektif. Sebabnya, Indonesia masih memiliki kesenjangan kepemilikan pemukiman, selain itu pertumbuhan kelas menengah yang kuat akan menjamin kesinambungan pertumbuhan permintaan tersebut,” simpul John.

Lebih jauh, dia menilai faktor kelas menengah dan permintaan domestik yang besar inilah sebagai juru selamat bagi perekonomian nasional menghadapi kondisi terpuruknya perekonomian global.

“Hal itupun sejalan dengan perkiraan IMF, yang menyinggung kondisi perekonomian Indonesia jauh lebih tahan menghadapi ketidakpastian saat ini,” kata John.

John menambahkan PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) berhasil membukukan prapenjualan semester pertama ini sekitar 47,8 persen dari target 2022 senilai Rp5,2 triliun. Adapun, pencapaian prapenjualan pada semester I/2022 tumbuh sebesar 7 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

Kendati demikian, dia mengungkapkan antisipasi terhadap potensi resesi harus tetap dilakukan pelaku industri. Misalkan, kata John, untuk mengerem penurunan permintaan akibat daya beli yang tergerus, para pelaku sektor properti harus mampu menawarkan produk yang sesuai agar bisa terserap pasar.

Tidak hanya itu, John menilai kebijakan dari pemerintah juga penting guna menyangga laju sektor properti.

“Pelemahan daya beli serta meningkatnya cost bisa diakomodir dengan kebijakan yang menstimulus, seperti PPN DTP yang terbukti efektif. Sebab kenyataannya, sektor properti yang padat karya ini memiliki permintaan potensial yang masih sangat besar secara domestik,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper