Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Jeremy Hunt, Menkeu Inggris Baru Pengganti Kwasi Kwarteng

Berikut profil Jeremy Hunt, Menteri Keuangan (Menkeu) Inggris pengganti Kwasi Karteng. Simak rekam jejaknya.
Menteri Keuangan Inggris Jeremy Hunt/BBC
Menteri Keuangan Inggris Jeremy Hunt/BBC

Bisnis.com, JAKARTA - Jeremy Hunt resmi dilantik menjadi Menteri Keuangan Inggris menggantikan posisi Kwasi Kwarteng. Hal ini disampaikan oleh pihak Kantor Perdana Menteri Elizabeth Truss Jumat (14/10/2022). 

Seperti diketahui, Kwarteng dipecat setelah menduduki jabatannya kurang dari enam minggu. Langkah ini dipicu oleh tekanan pasar dan Partai Konservatif selama berminggu-minggu terhadap Truss atas kebijakan yang tak menentu di tengah krisis yang melanda negara ini.

Dilansir Bloomberg pada Jumat (14/10/2022), Kwasi Kwarteng mengonfirmasi bahwa Liz Truss memintanya untuk meninggalkan jabatannya sebagai menkeu setelah gejolak pasar terjadi selama berminggu-minggu, dipicu oleh rencana pemotongan pajak yang dia umumkan bulan lalu.

Langkah dramatis tersebut terjadi ketika PM Liz Truss akan membatalkan rencana untuk tidak menaikkan pajak korporasi tahun depan.

Lantas, siapa sebenarnya Jeremy Hunt? Simak profil singkat dan rekam jejak Menteri Keuangan Inggris terbaru itu. 

Profil Profil Jeremy Hunt

Jeremy Hunt 1 November 1966 dibesarkan di Surrey dan tinggal bersama dengan ibunya. Jeremy Hunt bersekolah di Charterhouse, Godalming. Setelah lulus, dia melanjutkan pendidikan di Universitas Oxford dan mendapatkan gelar kehormatan kelas satu di bidang Politik, Filsafat dan Ekonomi.

Lulus dari bangku kuliah, Jeremy bekerja di sebuah perusahaan konsultan manajemen sebelum pergi ke Jepang selama dua tahun untuk mengajar bahasa Inggris dan belajar bahasa Jepang.

Sekembalinya ke Inggris, Jeremy mendirikan bisnis penerbitan pendidikannya sendiri, Hotcourses. Perusahaan, yang tidak lagi dimilikinya, dia mempekerjakan lebih dari 200 orang dan telah menjadi penerbit panduan dan situs web terbesar di Inggris untuk membantu orang menemukan kursus atau perguruan tinggi yang tepat.

Jeremy Hunt juga mendirikan badan amal untuk membantu anak yatim piatu AIDS di Afrika di mana dia terus berperan aktif www.nyumbani.org.uk

Sukses menjalankan bisnisnya Jeremy terpilih kembali sebagai Anggota Parlemen untuk South West Surrey pada Mei 2010, meningkatkan mayoritas Konservatif dari 5711 menjadi 16.318. Saat pertama kali menjadi anggota parlemen pada tahun 2005, dia meningkatkan mayoritas Konservatif dari 861 menjadi 5711.

Dia terkenal secara lokal untuk operasi supermarketnya dan telah berkampanye secara aktif tentang isu-isu lokal termasuk pembangunan berlebihan dan layanan NHS lokal. Dia juga terlibat erat dalam pertarungan yang sukses untuk mencegah penutupan Rumah Sakit Royal Surrey dan Milford.

Desember 2005 dia diangkat menjadi Menteri Bayangan untuk Penyandang disabilitas. Dia juga berkampanye dengan kuat untuk penyederhanaan sistem tunjangan bagi penyandang disabilitas dan anggaran perawatan sosial individu.

Juli 2007 dia diangkat ke Kabinet Bayangan sebagai Sekretaris Bayangan Negara untuk Media Budaya dan Olahraga di mana ia telah mengkampanyekan lebih banyak filantropi untuk seni, TV lokal, broadband supercepat, Olimpiade sekolah dan industri pariwisata domestik yang diperkuat.

Mei 2010 Jeremy diangkat sebagai Menteri Luar Negeri untuk Kebudayaan, Olimpiade, Media dan Olahraga dalam koalisi Konservatif - Demokrat Liberal yang baru. Dari September 2012 hingga Juli 2018, dia menjabat sebagai Sekretaris Negara untuk Kesehatan.

Dia diangkat kembali dalam peran tersebut pada Januari 2018 dengan tanggung jawab tambahan untuk Peduli Sosial. Pada Juni 2018, Jeremy menjadi Menteri Luar Negeri untuk Kesehatan terlama dalam sejarah Inggris.

Juli 2018, Jeremy diangkat sebagai Menteri Luar Negeri untuk Urusan Luar Negeri dan Persemakmuran, posisi yang dipegangnya hingga Juli 2019. Kemudian pada Januari 2020, Jeremy terpilih sebagai Ketua Komite Pilihan Perawatan Kesehatan dan Sosial dengan dukungan lintas partai.

Kemudian, pada 14 Oktober 2022, Jeremy diangkat sebagai Menteri Keuangan. Jeremy menghabiskan membagi waktunya di Westminster dan rumah konstituennya di Hambledon.

Jeremy juga sudah menikah dengan kekasihnya Lucia pada Juli 2009 da memiliki seorang putra dan dua putri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper