Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Pelindo Ajak Investor Bikin Akses Baru ke Terminal Kalibaru

Pelindo berencana membangun akses jalan baru yang menghubungkan Tol Cibitung-Cilincing ke Terminal Kalibaru dengan mengajak investor.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 12 Oktober 2022  |  23:35 WIB
Pelindo Ajak Investor Bikin Akses Baru ke Terminal Kalibaru
Aktivitas bongkar muat peti kemas di Terminal Peti Kemas Kalibaru, Pelabuhan Utama Tanjung Priok di Jakarta, Selasa (13/9). - Antara/Widodo S. Jusuf
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo berencana membangun jalan akses berbayar baru yang menghubungkan Tol Cibitung-Cilincing ke Terminal Kalibaru yang bernama New Priok East Access atau NPEA lewat berbagai skema pendanaan, termasuk pendanaan kreatif.

Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono Arif menjelaskan progres jalan akses baru sepanjang 7,6 km ini masih dalam perencanaan. Namun, Pelindo sudah mendapatkan persetujuan trase dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Sementara itu, terkait dengan persoalan tanah sedang dikoordinasikan dengan pemilik lahan dan operator terminal Marunda. Pasalnya, ada sejumlah akses tanah yang juga melalui operator Marunda. Arif meyakini jalan akses ini juga akan meningkatkan nilai dari operator pelabuhan Marunda.

Arief menuturkan ada beberapa skema pendanaan yang sedang digodok, di antaranya bisa menggunakan biaya sendiri atau mencari investor yang akan dikompensasi dengan mengenakan access fee kepada pengguna jalan ini karena nantinya merupakan jalan khusus berbayar.

"Anggaran kami sudah ada cuma belum bisa diungkap. Cuma kami ada ide creative financing, yang dilakukan investor misal mereka invest nanti pairing dengan access fee tadi," jelasnya, Rabu (12/10/2022).

Meski demikian, Pelindo nampaknya akan lebih memilih untuk menawarkan kepada investor soal pendanaan proyek ini ketimbang menggunakan dana internal. Mengingat, pasca merger, Pelindo juga bakal menggelontorkan lebih banyak dana untuk memperbaiki dan meningkatkan konektivitas pelabuhan

Terkait investor ini, Arif menyebut ada sejumlah pihak yang sudah menyatakan minatnya dan dalam tahap penjajakan sebagai investor.

"Kami lebih prefer bisa pakai bujet dari investor, karena setelah merger kan kami kan butuh investasi besar. Kita membutuhkan ide kreatif creative financing. Sekarang sudah ada tahap penjajakan," imbuhnya.

NPEA dibangun untuk membagi kepadatan di Pelabuhan tanjung priok. Arif menyebutnya sebagai jalan non tol berbayar atau jalan khusus.

"Ini jalan baru, ini kan sekarang lewat akses selatan dekat arteri. Kan problemnya di dekat pintu masuk itu. Dengan adanya NPEA ini, dia akan terhubung dengan Tol Cibitung–Cilincing ini," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelindo tol cibitung-cilincing
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top