Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anak Muda Dukung IKN, Badan Otorita Optimistis Pembangunan Lancar

Hasil survei CSIC dapat menjadi baseline atau titik referensi awal bagi Otorita IKN memahami tingkat pemahaman dan penerimaan generasi muda.
Rencana pengembangan kawasan Ibu Kota Negara (IKN) di Penajam Paser, Kalimantan Timur/Antara
Rencana pengembangan kawasan Ibu Kota Negara (IKN) di Penajam Paser, Kalimantan Timur/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara optimistis pembangunan ibu kota negara baru akan berjalan dengan sukses seiring dengan dikeluarkannya hasil survei yang menyebutkan bahwa rencana tersebut mendapatkan dukungan oleh generasi muda.

Koordinator Tim Informasi dan Komunikasi Tim Transisi IKN Sidik Pramono mengatakan Otorita IKN mengapresiasi upaya Centre for Strategic and International Studies (CSIS) untuk mengetahui arah dan preferensi politik generasi muda ke depan.

Menurut Sidik, hasil survei yang dikeluarkan oleh CSIS dapat menjadi baseline atau titik referensi awal bagi Otorita IKN memahami tingkat pemahaman dan penerimaan generasi muda terhadap pembangunan IKN.

"Hasil survei membuat Otorita IKN semakin yakin dan optimis untuk semakin semangat mewujudkan ibu kota berkelas dunia untuk semua. IKN bukan hanya milik pemerintahan tapi juga seluruh masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu menjadi penting bagi generasi muda untuk turut mendukung dan berpartisipasi di dalam pembangunan dan pengembangannya ke depan," ujarnya kepada wartawan pada Senin (26/9/2022).

Menurut hasil survei CSIS yang telah dilakukan 8-13 Agustus 2022 terhadap pemilih muda dengan rentang usia 17 sampai dengan 39 tahun dengan 1.200 sampel menyebutkan bahwa 82 persen responden mengetahui pengenalan terhadap program IKN, dan hanya 18 persen respoden menjawab tidak tahu.

Sementara itu, dari 82 persen responden yang mengetahui program IKN tadi ditanyakan ketertarikan terhadap program IKN. Hasilnya, 49,8 persen responden menjawab tertarik dan 49,6 persen respoden tidak tertarik dengan program tersebut, sedangkan 0,6 persen menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.

CSIS menanyakan keyakinan kepada para seluruh respondennya terhadap keberhasil program IKN. Dari survei yang dilakukan sebanyak 51,4 persen respoden menjawab yakin, sedangkan 46,2 persen menjawab tidak yakin, dan 2,3 persen respoden tidak menjawab atau tidak tahu.

"Selanjutnya Otorita IKN akan berupaya meningkatkan pengenalan IKN ke seluruh daerah di Indonesia, perguruan tinggi, dan masyarakat yang lebih luas. Dengan dukungan dari generasi muda, kami semakin yakin bahwa IKN akan berhasil," ujar Sidik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper