Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jelajah Pelabuhan 2022: Pengusaha Truk di Priok Tunggu Gebrakan Pelindo Usai Merger

Pengusaha truk di Pelabuhan Tanjung Priok menunggu gebrakan Pelindo jelang 1 tahun merger.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 08 September 2022  |  09:59 WIB
Jelajah Pelabuhan 2022: Pengusaha Truk di Priok Tunggu Gebrakan Pelindo Usai Merger
Sebuah truk peti kemas melintas di Terminal JICT, Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (21/7/2022). ANTARA FOTO - Muhammad Adimaja
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pengusaha angkutan truk masih menunggu gebrakan yang dibawa oleh merger PT Pelindo (Persero) sampai dengan saat ini dari sisi pelayanan kepelabuhanan petikemas. Khususnya di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Ya kita ini sih belum ada yang terasa signifikan karena masih baru. Kita juga masih belajar untuk berkomunikasi dengan struktur baru ini," terang Ketua Umum DPP Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Gemilang Tarigan, Rabu (7/9/2022).

Seperti diketahui, Pelindo I, II, III, dan IV akan merayakan ulang tahun merger pertama pada Oktober 2022 mendatang. Tahun lalu, empat perusahaan tersebut digabungkan menjadi satu perusahaan yakni PT Pelindo (Persero).

Kendati masih banyak gebrakan yang ditunggu, pengusaha angkutan truk mengapresiasi sistem pendataan yang saat ini dinilai lebih memudahkan operasional.

Sistem yang dimaksud yakni Single Truck Identification Data (STID), yang merupakan sistem pendataan untuk setiap truk yang beroperasi di Tanjung Priok guna menunjang Truck Booking System dan Terminal Operating System.

Sistem pendataan online tersebut sudah berlaku di Pelabuhan Tanjung Priok per 1 Januari 2022. Ke depannya, sistem tersebut rencananya akan diperluas ke pelabuhan-pelabuhan lainnya di Indonesia.

"Ya sekarang sudah agak lumayan [mudah] soal [sistem] data dan informasinya. Tapi ini baru Tanjung Priok saja," terang Gemilang.

Selain gebrakan soal pelayanan pelabuhan, Aptrindo berharap agar otoritas segera mengatasi kemacetan yang ada di Tanjung Priok. Secercah harapan baru yakni Tol Cibitung-Cilincing, diharapkan bisa mempermudah laju kendaraan truk barang yang jalan dari atau menuju Priok.

"Kita harapkan itu cepat selesai. Sudah lama kita tunggu itu," tukas Gemilang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelindo Aptrindo tanjung priok pelabuhan tanjung priok Jelajah Pelabuhan 2022
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top