Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menhub Mau Percepat Sistem ABT Transportasi Umum, Apa Kelebihannya?

Menurut Menhub Budi Karya, sistem tiket ABT pada moda transportasi umum akan memberikan keuntungan untuk semua pihak yang terlibat.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. /Kemenhub
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. /Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (MenhubBudi Karya Sumadi menilai penerapan sistem tiket berbasis akun alias account-based ticketing (ABT) dapat jadi solusi persoalan sistem pembayaran moda transportasi umum yang belum terintegrasi dan terotomatisasi.

“Sistem pembayaran elektronik berbasis akun dalam transportasi cerdas ini sejalan dengan rencana implementasi pemerintah pusat yang akan menerapkan Jalan Tol Tanpa Gerbang dan Jalan Berbayar Elektronik, yang juga menggunakan sistem pembayaran digital berbasis akun,” ujarnya melalui keterangan resmi yang diterima Bisnis, Senin (28/8/2022).

Budi memaparkan bahwa sistem ABT merupakan evolusi sistem pengumpulan tarif tiket dari tiket berbasis kartu menjadi berbasis akun. Artinya, sebuah kartu dapat dikenali kepemilikannya dengan cara didaftarkan melalui aplikasi, sehingga segala transaksi pengguna bisa dicatat dan didokumentasikan.

Salah satu manfaat personalisasi penumpang ini bisa menjadi dasar penentuan kebijakan dan penentuan program pemerintah. Misalnya, dalam memberikan tarif khusus untuk pelajar, veteran atau penumpang khusus. 

Keunggulan lain sistem ABT adalah membantu penyedia transportasi beralih dari sistem tiket lama yang melibatkan tiket kertas, magstripe, pembayaran tunai, dan beralih dengan perjalanan yang lebih lancar.

Bagi operator, masih enurutnya, sistem seperti tersebut bisa bermanfaat pula. Sebab, biaya operasionalnya lebih rendah dibandingkan dengan solusi tiket berbasis kartu. Ini mengingat kartu perjalanan cenderung memerlukan pemrograman ulang yang konstan.

Menhub mengusulkan agar integrasi sistem pembayaran yang berbasis uang elektronik ini dapat diterapkan di seluruh operator transportasi.

Tak hanya itu, bagi operator transportasi penggunaan sistem ini akan memudahkan karena pengumpulan pendapatannya bersifat nontunai atau cashless. Artinya, tidak ada pendapatan yang tercecer.

"Saya juga mengusulkan ini tidak tercatat pada pengelola-pengelola yang formal tapi kita banyak operator-operator yang swasta yang segera diikutkan agar ini menjadi lebih baik,” imbuhnya.

Menhub meminta dukungan seluruh pihak di sektor transportasi, termasuk bank-bank penyedia layanan sistem ini. Sistem tiket ABT ini juga memberi banyak keuntungan bagi penumpang, dengan pilihan tarif terbaik yang sesuai dengan perjalanan mereka termasuk kemungkinan untuk membayar perjalanan mereka dengan cara yang modern dan nyaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper