Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kembangkan UMKM, Ini Pesan Teten Masduki ke Grab dan OVO

Grab dan OVO dinilai berhasil menjembatani digitalisasi UMKM, baik itu terhadap konsumen maupun dari sisi finansial.
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 26 Agustus 2022  |  20:49 WIB
Kembangkan UMKM, Ini Pesan Teten Masduki ke Grab dan OVO
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki (tengah baju putih) bersama Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi (kiri), dan President Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata (kanan), beserta para driver Grab di acara Kopdar UMKM Nasional di Smesco, Jumat (26/8/2022) - Bisnis/Annasa Rizki
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Koperasi dan UKM  Teten Masduki mengapresiasi langkah Grab dan OVO yang memberikan solusi digital terhadap pelaku UMKM melalui platform GrabMerchant.

Platform tersebut sebagai portal informasi satu pintu untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berfokus pada tiga pilar utama, yaitu memberikan akses ke konsumen melalui digitalisasi, pusat informasi tentang izin dan sertifikasi, serta akses ke modal usaha.

Pasalnya, ketiga hal tersebut kerap menghambat dalam mendirikan usaha baru atau bagi para pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha.

“Pemerintah terus mendorong UMKM untuk terhubung ke dalam ekosistem digital agar bisa memanfaatkan potensi ekonomi digital Indonesia yang diproyeksikan mencapai Rp4.500 triliun pada 2030. Saya menyambut baik inovasi yang ditawarkan oleh Grab dan OVO dalam bentuk portal informasi yang dapat diakses di media sosial ini,” ujarnya pada Kopdar UMKM Nasional di Smesco, Jakarta, Jumat (26/8/2022).

Digitalisasi UMKM menjadi salah satu kunci pemulihan ekonomi nasional. Tercatat, pada 2020 jumlah UMKM yang memanfaatkan kanal digital hanya 8 juta dan dalam kurun waktu kurang dari dua tahun, kini jumlahnya meningkat pesat menjadi 19 juta.

Grab dan OVO memiliki andil telah menjadi mitra strategis pemerintah Indonesia dalam mendukung tercapainya 30 juta UMKM yang didigitalisasi pada 2024. Sejak mulai pandemi Covid-19 hingga Mei 2022 tercatat lebih dari 2 juta UMKM sudah didigitalisasi melalui ekosistem Grab dan OVO.

Sementara itu, Country Managing Director of Grab Indonesia Neneng Goenadi berharap dengan adanya GrabMerchant akan melahirkan jutaan pelaku UMKM sesuai dengan target pemerintah.

“Kami percaya akan potensi UMKM Indonesia. Sejak pandemi hingga Mei 2022 tercatat lebih dari 2 juta UMKM sudah didigitalisasi melalui ekosistem Grab dan OVO. Kami berharap dengan adanya solusi UMKM terpadu di GrabMerchant ini, kami dapat membidani lahirnya jutaan pelaku-pelaku UMKM baru di Indonesia,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

grab indonesia Grab ovo kemenkop ukm
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top