Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investasi Industri Keramik Tembus Rp17,7 Triliun, Kohler Sumbang 81 Persen

Kemenperin mencatat investasi industri keramik pada semester I/2022 mencapai Rp17,7 triliun, yang sebagian besar berasal dari Kohler Manufacturing Indonesia.
Koleksi kohler white/kohler
Koleksi kohler white/kohler

Bisnis.com, JAKARTA - Industri keramik berhasil mengumpulkan investasi hingga Rp17,7 triliun pada semester I/2022, dengan 81 persennya berasal dari PT Kohler Manufacturing Indonesia.

Menurut laporan Kementerian Perindustrian (Kemenperin), suntikan dana yang mengalir ke salah satu subsektor manufaktur tersebut di antaranya tersebar di 3 kawasan industri. Antara lain, Kawasan Industri Kendal, Batang, dan Mojokerto dengan total investasi senilai Rp3,2 triliun.

Investasi keempat berasal dari PT Kohler Manufacturing Indonesia yang merupakan perusahaan asal Amerika Serikat dengan nilai investasi awal senilai Rp14,5 triliun.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang berharap penambahan investasi ini semakin memperkuat aliran rantai pasok keramik saniter nasional.

"Yang juga sejalan dengan program subtitusi impor sebesar 35 persen untuk mengoptimalkan sumber daya produksi dalam negeri,” ujar Agus di Jakarta, Rabu (10/8/2022).

Sebagai informasi, sejauh ini terdapat 10 perusahaan industri keramik saniter di Indonesia yang tersebar di Jawa dan Sumatera.

Utilisasi produksi keramik saniter nasional sepanjang 2015 – 2018 cenderung stabil di angka 8 persen. Namun, sempat menurun pada 2019 – 2020 hingga 59 persen karena penurunan demand dan pelambatan ekonomi global karena pandemi Covid-19.

Pada 2021, utilisasi subsektor ini kembali naik mencapai 62 persen. Sementara itu, kinerja ekspor keramik saniter pada semester I/2022 juga menunjukkan kenaikan sebesar 8,97 persen dibandingkan dengan semester I/2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmad Fauzan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper