Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kohler Investasi Rp14,5 Triliun Bikin Pabrik Baru di Cikarang

PT Kohler Manufacturing Indonesia merealisasikan investasi Rp14,5 triliun di Cikarang, Jawa Barat.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 17 Agustus 2022  |  13:44 WIB
Kohler Investasi Rp14,5 Triliun Bikin Pabrik Baru di Cikarang
Logo Kohler
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kohler Manufacturing Indonesia merealisasikan investasi Rp14,5 triliun di Cikarang, Jawa Barat. Pabrik baru ini akan memiliki kapasitas terpasang hingga 1 juta unit untuk produk keramik saniter, yang di antaranya berupa toilet, wastafel, dan urinal.

Berdasarkan data Kementerian Perindustrian (Kemenperin), sejak Januari 2022 realisasi produksi PT Kohler Manufacturing Indonesia menembus 239.000 unit.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang mengatakan perusahaan asal Amerika Serikat (AS) tersebut memiliki tenaga kerja sebanyak 429 orang dan akan menyerap lebih dari 1.000 pekerja setelah kapasitas produksi optimal.

"Kohler adalah brand global yang ikonik dan kami bangga melihat perusahaan ini bisa memperluas operasional manufakturnya di Indonesia. Investasi perusahaan tersebut akan membawa bisnis terkemuka untuk sektor industri di tanah air, sehingga membuka ratusan lapangan pekerjaan yang baik ke lanskap manufaktur yang tumbuh pesat di kawasan ini," kata Agus dalam keterangan resmi, Selasa (16/8/2022).

Sebagai informasi potensi industri keramik saniter di Indonesia saat ini didukung oleh sebanyak 10 perusahaan yang tersebar di Pulau Jawa dan Pulau Sumatra.

Sampai dengan tahun lalu, utilisasi produksi keramik saniter nasional kembali merangkak naik ke level 62 persen. Naik dari periode 2019-2020 dengan tingkat utilisasi hanya mencapai 59 persen.

Utilisasi industri keramik di Indonesia anjlok cukup pada periode tersebut. Sebab, data Kemenperin mencatat dari 2015 sampai dengan 2018 utilisasi cenderung stabil di angka 89 persen.

Sekadar catatan, industri keramik berhasil mengumpulkan investasi hingga Rp17,7 triliun pada semester I/2022, dengan 81 persennya berasal dari PT Kohler Manufacturing Indonesia.

President dan CEO Kohler Co. David Kohler menyampaikan, Peresmian pabrik kitchen and bath pertama Kohler di Indonesia ini menandai komitmen jangka panjang perusahaan untuk mendukung perekonomian Indonesia.

“Pabrik ini merupakan fasilitas manufaktur pertama kami di Indonesia, sehingga melengkapi lebih dari 50 lokasi manufaktur di seluruh dunia,” kata David.

Menurut David, Indonesia adalah pasar strategis bagi Kohler. Dia mengatakan pendirian pabrik baru Kohler di Indonesia merupakan sebuah tonggak pencapaian bagi Kohler yang sudah hadir di Indonesia selama 35 tahun.

"Kami berharap bisa terus melayani para pelanggan melalui investasi dan distribusi khusus di Indonesia," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kohler industri keramik
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top