Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IKK turun di Juli 2022, Ekonom: Aktivitas Dunia Usaha Terindikasi Melambat

Penurunan IKK pada Juli 2022 utamanya dipicu oleh penurunan pada komponen ekspektasi konsumen yang signifikan.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 09 Agustus 2022  |  18:57 WIB
IKK turun di Juli 2022, Ekonom: Aktivitas Dunia Usaha Terindikasi Melambat
Konsumen melihat stok minyak goreng aneka merek tersedia di etalase pasar swalayan Karanganyar pada Kamis (17/3/2022) - Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Juli 2022 tercatat mengalami penurunan menjadi sebesar 123,2, dari bulan sebelumnya sebesar 128,2.

Sejalan dengan itu, kinerja penjualan eceran pada Juli 2022 diperkirakan meningkat sebesar 8,7 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

Dibandingkan dengan bulan sebelumnya, penjualan eceran pada Juli 2022 diperkirakan membaik, namun masih terkontraksi sebesar -0,8 persen (month-to-month/mtm).

Kepala Ekonom Bank Permata Josua Pardede menyampaikan bahwa penurunan IKK pada Juli 2022 utamanya dipicu oleh penurunan pada komponen ekspektasi konsumen yang signifikan, terutama pada komponen ketersediaan pekerjaan dan aktivitas bisnis usaha.

“Hal ini mengindikasikan bahwa terjadi perlambatan aktivitas usaha secara umum di bulan Juli,’ katanya kepada Bisnis, Selasa (9/8/2022).

Josua menyampaikan, perlambatan aktivitas dunia usaha juga direfleksikan oleh penurunan yang signifikan pada komponen ketersediaan pekerjaan saat ini.

Meski mengalami perlambatan, josua mengatakan bahwa IKK pada Juli 2022 masih berada pada level optimis. Hal ini mengindikasikan tingkat konsumsi masyarakat masih cenderung tumbuh positif.

Namun demikian, menurutnya pemerintah perlu mengantisipasi kondisi ini, terutama dengan tetap menggelontorkan subsidi di beberapa sektor, agar harga tidak meningkat tajam dan membebani baik produsen maupun konsumen.

Josua menambahkan, kenaikan harga transportasi pun berpotensi mendorong kenaikan input dan mendorong aktivitas usaha semakin melambat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

indeks keyakinan konsumen konsumen
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top