Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dana Abadi Tembus Rp120 Triliun, Buat Apa Saja?

Pemerintah mengalokasikan 20 persen dari APBN untuk pendidikan. Kendati demikian, pemerintah juga mendesain anggaran pendidikan untuk generasi mendatang.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 08 Agustus 2022  |  12:26 WIB
Dana Abadi Tembus Rp120 Triliun, Buat Apa Saja?
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani memberikan pemaparan terkait kondisi ekonomi global dalam dalam acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2022 Universitas Indonesia, Senin (8/8/2022) - Youtube Universitas Indonesia.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia saat ini telah memiliki dana abadi lebih dari Rp120 triliun. Hal ini disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam paparannya pada PPKMB UI, Senin (8/8/2022).

Pemerintah sendiri telah mengalokasikan 20 persen dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) untuk pendidikan. Kendati demikian, pemerintah juga mendesain anggaran pendidikan untuk generasi di masa mendatang.

Dana abadi saat ini mencakup dana abadi pendidikan yang termasuk untuk pembiayaan beasiswa bagi mahasiswa untuk meneruskan pendidikannya di sekolah-sekolah terbaik di dalam dan di luar negeri.

Selain itu, dana abadi juga dialokasikan di bidang penelitian untuk mendukung para peneliti di Indonesia agar dapat menjadi sumber dari berbagai inovasi dan solusi berbagai masalah termasuk di bidang kesehatan, serta dana abadi kebudayaan.

"Kita juga memiliki dana abadi perguruan tinggi untuk mendukung perguruan-perguruan tinggi Indonesia menjadi perguruan tinggi yang mampu memiliki skor atau prestasi di level dunia," katanya.

Berbagai prioritas dan sumber daya yang telah dibentuk tersebut, diharapkan dapat dikelola dengan fleksibel, akuntabel, transparan dan baik. Namun, kata dia, yang terpenting adalah eksekusinya lantaran dana abadi tersebut merupakan uang kita, untuk kita dan harusnya kembali untuk bangsa Indonesia.

"Dulu waktu saya menjadi Menteri Keuangan awal, kita belum memiliki dana abadi. Sekarang kita sudah memiliki  lebih dari Rp120 triliun dan ini merupakan sumber daya yang luar biasa penting," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sri mulyani menkeu Dana Abadi pendidikan
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top