Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sri Mulyani Prediksi Penduduk RI Tembus 300 Juta Jiwa, Ini Tantangannya!

Demografi Indonesia diperkirakan akan terus meningkat dimana jumlah penduduk akan berada di atas 300 juta penduduk.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 08 Agustus 2022  |  11:52 WIB
Sri Mulyani Prediksi Penduduk RI Tembus 300 Juta Jiwa, Ini Tantangannya!
Petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Yogyakarta melakukan pendataan dan perekaman KTP elektronik di Balai Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta, Kamis (20/2/2020). ANTARA FOTO - Hendra Nurdiyansyah
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani memprediksi demografi penduduk Indonesia diperkirakan akan terus meningkat menjadi di atas 300 juta jiwa. 

Menurutnya, 300 juta lebih penduduk tersebut didominasi oleh usia muda sebanyak 52 persen dan 75 persen akan tinggal di perkotaan. Oleh karena itu, dia menilai perlu suatu perencanaan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, infrastruktur, birokrasi dan transformasi ekonomi jika Indonesia ingin menjadi negara maju.

"Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia ini sangat penting karena kalau kita lihat fenomena Indonesia diukur dari  produktivitas maupun skor PISA (Programme for International Student Assessment) kita belum termasuk negara yang tertinggi atau memiliki skor yang baik," katanya dalam acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2022 Universitas Indonesia, Senin (8/8/2022). 

Selain itu, dia menilai pemerintah terus menggunakan APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) agar bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia, baik melalui pendidikan maupun kesehatan.

Pemerintah juga memanfaatkan APBN sebagai jaring pengaman sosial. Adapun, Sri Mulyani mengungkapkan pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar 20 persen untuk sektor pendidikan.

Dia menegaskan komitmen Indonesia untuk terus membangun sumber daya manusia adalah komitmen yang tidak bisa di negosiasi.

"[Indonesia] tidak akan menjadi  negara maju kalau kita tidak terus menerus melakukan pekerjaan rumah penting kita  yaitu membangun  sumber daya manusia, infrastruktur, birokrasi dan transformasi ekonomi kita," ujarnya.

Syarat lain yang perlu dipenuhi adalah dari sisi ekonomi dan sektor keuangan, kata dia, antara lain APBN yang sehat, stabilitas ekonomi makro, stabilitas politik serta sistem hukum yang kuat dan berdaulat. 

Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Dukcapil baru sebelumnya merilis Data Kependudukan Semester II/2021 per 30 Desember 2022. Kemendagri mencatat jumlah penduduk Indonesia hingga akhir tahun 2022 sebanyak 273.879.750 jiwa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sri mulyani kependudukan pendidikan
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top