Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ada Tol Serang-Panimbang, Jakarta ke Tanjung Lesung Cuma 2,5 Jam

Tanjung Lesung, Banten dapat menjadi alternatif wisata selain puncak setelah Tol Serang-Panimbang nantinya resmi beroperasi pada 2024.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 08 Agustus 2022  |  16:52 WIB
Ada Tol Serang-Panimbang, Jakarta ke Tanjung Lesung Cuma 2,5 Jam
Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung di Banten. - KEK.go.id
Bagikan

Bisnis.com, BANTEN – Menteri Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa Tanjung Lesung, Banten dapat menjadi alternatif wisata selain puncak setelah Jalan Tol Serang-Panimbang nantinya resmi beroperasi pada 2024.

“Ini akan jadi complementary dari puncak. Mungkin ya bisa ke sini. Tadinya 5 jam dari Jakarta jadi kira-kira 2,5 jam ke sini,” kata Basuki saat Groundbreaking Tol Serang-Panimbang di Pandeglang, Banten, Senin (8/8/2022).

Basuki mengungkapkan setidaknya ada tiga manfaat dari pembangunan Tol Serang-Panimbang. Pertama, meningkatkan ekonomi Banten. Kedua, mendukung percepatan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung dan yang ketiga mempersingkat waktu Jakarta-Tanjung Lesung dari yang semula 5,5 jam menjadi 2,5 jam.

Tol Serang-Panimbang memiliki panjang 83,67 kilometer yang terdiri atas tiga seksi. Khusus untuk seksi 3, sumber pembiayaan dari APBN dan pinjaman China.

Seksi pertama tol tersebut adalah Serang-Rangkasbitung. Pembangunan seksi I yaitu Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,5 kilometer ini memakan biaya Rp3,622 triliun. Adapun seksi I telah beroperasi pada Desember tahun lalu.

Kemudian, seksi 2 jalan tol tersebut yaitu Rangkasbitung-Cileles sepanjang panjang 24,17 kilometer dengan biaya Rp2,578 triliun. Saat ini proses konstruksi masih 31,20 persen dan progres lahan 71,85 persen.

Sementara itu, seksi 3 adalah adalah seksi Cileles-Panimbang sepanjang 33 kilometer. Pembangunan seksi 3 membutuhkan biaya Rp4,626 triliun dan progres lahan saat ini 77,90 persen.

“Pembangunannya akan kita selesaikan di kuartal I/2024 supaya bisa dimulai untuk mendukung destinasi wisata Tanjung Lesung,” jelas Basuki.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar pembangunan tol Serang-Panimbang bisa selesai sesuai target yang ditetapkan pemerintah yaitu pada 2024.

“Kita ingin 2024 ini jalan selesai. Harus selesai dan harus bagus,” kata Luhut di Banten, Senin (8/8/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol Tol Serang-Panimbang Kementerian PUPR tanjung lesung
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top