Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tol Serang-Panimbang Pakai Utang China, Luhut: Jangan Sampai Mubazir!

Jalan Tol Serang-Panimbang yang dibangun dengan utang dari China harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mendorong perekonomian nasional.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 08 Agustus 2022  |  16:36 WIB
Tol Serang-Panimbang Pakai Utang China, Luhut: Jangan Sampai Mubazir!
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam groundbreaking pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 3 di Pandeglang, Banten, Senin (8/8/2022). ANTARA - HO/Kemenko Kemaritiman dan Investasi
Bagikan

Bisnis.com, BANTEN – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meresmikan groundbreaking jalan tol Serang-Panimbang seksi 3 Cileles-Palembang pada Senin (8/8/2022).

Luhut mengatakan bahwa Jalan Tol Serang-Panimbang yang dibangun dengan utang dari China harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mendorong perekonomian nasional.

“Yang penting harus betul-betul didesain yang bagus kawasan ini mulai dari hotel bintang 5, 4, dan dan 3. Lingkungan juga penting buat kita semua. Kalau tidak, duit yang didapat dari China Exim Bank mubazir,” kata Luhut saat Groundbreaking Tol Serang-Panimbang di Banten, Senin (8/8/2022).

Tol Serang-Panimbang memiliki panjang 83,67 kilometer yang terdiri atas tiga seksi. Khusus untuk seksi 3, sumber pembiayaan dari APBN dan pinjaman China.

Seksi pertama tol tersebut adalah Serang-Rangkasbitung. Pembangunan seksi I yaitu Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,5 kilometer memakan biaya Rp3,622 triliun. Adapun seksi I telah beroperasi pada Desember tahun lalu.

Seksi 2 jalan tol tersebut yaitu Rangkasbitung-Cileles sepanjang panjang 24,17 kilometer dengan biaya Rp2,578 triliun. Saat ini proses konstruksi masih 31,20 persen dan progres lahan 71,85 persen.

Sementara itu, seksi 3 adalah adalah seksi Cileles-Panimbang sepanjang 33 kilometer. Pembangunan seksi 3 membutuhkan biaya Rp4,626 triliun dan progres lahan saat ini 77,90 persen.

Luhut mengungkapkan setidaknya ada tiga manfaat dari pembangunan jalan tol tersebut yaitu, meningkatkan ekonomi Banten, mendukung percepatan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung, dan mempersingkat waktu tempuh Jakarta-Tanjung Lesung dari yang semua 5,5 jam menjadi hanya 2,5 jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Tol Serang-Panimbang jalan tol china utang china
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top