Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Tok! Nilai Investasi KEK Sanur Tembus Rp10,2 Triliun

Dewan Nasional KEK memberikan persetujuan investasi pembangunan KEK Sanur yang tembus Rp10,2 triliun.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 23 Juli 2022  |  12:21 WIB
Tok! Nilai Investasi KEK Sanur Tembus Rp10,2 Triliun
Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto dalam acara Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia 2022 di Nusa Dua, Bali, Senin (11/7 - 2022). Dok. Bank Indonesia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) menyetujui investasi pembangunan Sanur, Provinsi Bali sebagai kawan kesehatan pertama di Indonesia dengan nilai Rp10,2 triliun.

Usulan pembangunan KEK Sanur sendiri sudah mendapat persetujuan dari Dewan Nasional KEK yang diketuai oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada sidang Dewan Nasional KEK, pada Jumat (22/7/2022).

"Dengan ini, Dewan Nasional KEK menyetujui usulan KEK Sanur dan akan segera memfinalisasi Peraturan Pemerintah terkait dengan KEK Sanur," kata Airlangga dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (23/7/2022).

Sebagai informasi, KEK Sanur dirancang untuk menjadi KEK Kesehatan dan Pariwisata dengan rencana bisnis fasilitas kesehatan berupa rumah sakit dan klinik, akomodasi hotel dan MICE, ethnomedicinal botanic garden, serta commercial center.

Dengan disetujuinya usulan KEK Sanur diharapkan akan terjadi penghematan devisa dan peningkatan ekonomi negara sekaligus peningkatan fasilitas kesehatan yang ada di Indonesia melalui transfer knowledge.

Adapun total lahan yang diusulkan yaitu seluas 41,26 ha dengan nilai investasi sebesar Rp10,2 triliun dan target serapan tenaga kerja sebanyak 43.647 orang.

Selain itu, diharapkan sekitar 4 persen hingga 8 persen penduduk Indonesia yang sebelumnya berobat ke luar negeri menjadi berobat ke KEK Sanur dengan total pasien berada dalam kisaran 123 ribu sampai dengan 240 ribu orang pada 2023.

Tak hanya itu, hingga 2045, total penghematan devisa yang dihasilkan diharapkan mencapai Rp86 triliun, dan total penambahan devisa pada periode yang sama mencapai Rp19,6 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

airlangga hartarto kek sanur
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top