Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

92 Pegawai LRT Jabodebek akan Dikirim ke Malaysia, Ini Alasannya

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan proyek LRT Jabodebek bisa dipamerkan (showcase) pada Agustus 2022 mendatang.
Foto udara gerbong kereta Light Rail Transit (LRT) terparkir di jalur Pancoran, Jakarta, Rabu (12/1/2022). ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Foto udara gerbong kereta Light Rail Transit (LRT) terparkir di jalur Pancoran, Jakarta, Rabu (12/1/2022). ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyatakan proyek LRT Jabodebek akan segera dioperasikan. Untuk itu, perseroan akan mengirim 92 orang karyawan untuk mengikuti pelatihan sistem pengoperasian kereta api otomatis Grade of Automation (GoA) 3 ke Malaysia.

Untuk diketahui, sistem GoA 3 akan digunakan sebagai sistem pengoperasian LRT Jabodebek. KAI akan menyiapkan awak sarana perkeretaapian otomatis dan pengendali otomatis LRT Jabodebek, untuk menjalani pelatihan dengan Malaysia yang telah menggunakan sistem GoA 3 sejak 1998.

"Kolaborasi ini merupakan salah satu upaya KAI untuk menghadirkan layanan LRT Jabodebek yang aman dan selamat. Pelatihan ini diberikan untuk meningkatkan kompetensi SDM LRT Jabodebek sehingga layanan LRT nantinya memiliki standar keselamatan yang tertinggi dan mumpuni," ujar Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo saat membuka pelatihan di Pusdiklat Ir H Djuanda KAI, Bandung, dikutip dari siaran pers, Kamis (7/7/2022).

Didiek mengatakan pemilihan operator kereta api Malaysia, Prasarana Berhad Malaysia, sebagai kolaborator karena dinilai sudah berpengalaman mengoperasikan kereta secara otomatis sejak 24 tahun yang lalu.

Nantinya, 92 orang pekerja akan mengikuti pelatihan teori di Bandung dan dilanjutkan praktik di Malaysia. Para peserta akan mendapatkan materi mengenai fungsi dan cara pengoperasian sarana prasarana GoA3, sistem persinyalan GoA3, rule book dalam pengoperasian GoA3, penanganan saat kondisi darurat, penerapan Standard Operating Procedure, dan lain-lain.

Didiek juga menyebut LRT Jabodebek akan segera dioperasikan dalam waktu dekat. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan proyek LRT bisa dipamerkan (showcase) pada Agustus 2022 mendatang.

Untuk diketahui, proyek LRT Jabodebek merupakan kolaborasi antara pemerintah dan BUMN yang terdiri dari KAI, Adhi Karya, INKA, dan LEN. KAI bersama seluruh stakeholder lainnya menyatakan proses pembangunan dan pengoperasian LRT Jabodebek dipastikan berjalan lancar dan mengutamakan keselamatan.

Didiek menyampaikan bahwa penugasan Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut kepada KAI akan dilaksanakan dengan amanah dan penuh tanggung jawab, di tengah berbagai tantangan yang ada. KAI terus membuka diri dan akan mempersiapkan sebaik mungkin dengan memperhatikan tata kelola perusahaan yang baik.

"KAI berterima kasih atas amanah yang diberikan pemerintah, di mana KAI nantinya akan melayani masyarakat Jabodebek melalui LRT Jabodebek yang merupakan transportasi kereta api paling modern karena operasionalnya akan berlangsung secara otomatis tanpa masinis," tutup Didiek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper