Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hutama Karya Siap Uji Coba Transaksi Tol Tanpa Kartu di 2 Ruas Ini

PT Hutama Karya (Persero) akan melakukan uji coba penerapan sistem nirsentuh di jalan tol atau multi lane free flow (MLFF) di 2 ruas tol pada 2022.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 07 Juli 2022  |  16:53 WIB
Hutama Karya Siap Uji Coba Transaksi Tol Tanpa Kartu di 2 Ruas Ini
Hutama Karya menyosialisasikan aturan new normal di seluruh cabang tol yang dikelolanya mulai dari cabang tol Medan-Binjai (Medbin), tol Palembang-Indralaya (Palindra), tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka), hingga tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) di Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS), serta tol Jakarta Outer Ring Road Seksi S (JORR-S), dan tol Akses Tanjung Priok (ATP) di Pulau Jawa. - HUTAMA KARYA

Bisnis.com, JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) menyatakan siap untuk melakukan uji coba penerapan sistem nirsentuh di jalan tol atau multi lane free flow (MLFF) pada akhir tahun yang telah digagas oleh Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro menuturkan bahwa nantinya penerapan sistem ini akan dilakukan secara bertahap. Rencananya proses uji coba sistem ini akan diterapkan di Pulau Jawa dan Bali terlebih dahulu.

Dia menjelaskan, dalam tahap uji coba sistem tersebut ada 2 tahap yang akan diaplikasikan yakni sistem single lane free flow (SLFF) yang nantinya dalam sistem ini akan diterapkan transaksi nirsentuh di satu jalur, sedangkan jalur lainnya yang masih menggunakan transaksi menggunakan menempelkan kartu.

Pada tahap berikutnya akan dilanjutkan dengan penerapan sistem MLFF di seluruh jalur secara penuh.

“Di Hutama Karya, ruas tol Jakarta Outer Ring Road Seksi S [JORR-S] dan Akses Tanjung Priok akan menjadi yang pertama untuk diterapkan sistem ini,” kata Koentjoro dalam keterangan resminya, Kamis (7/7/2022).

Dia menambahkan bahwa rencana penerapan sistem nirsentuh ini juga telah melalui evaluasi dan kajian mendalam sebelum akan diterapkan nantinya.

Dari sisi pengguna jalan, dia mengungkapkan transaksi pembayaran menggunakan sistem MLFF ini dapat memberikan manfaat seperti memangkas waktu karena pengguna jalan tidak perlu berhenti untuk menempelkan kartu dan transaksi akan dilakukan secara otomatis melalui aplikasi mobile transaksi yang terintegrasi.

“Sistem nirsentuh ini terbilang baru di Indonesia, perlu disosialisasikan kepada pengguna jalan terkait cara penggunaan serta manfaatnya. Selain itu, perlu dilakukan uji coba secara bertahap agar pengguna jalan tol terbiasa menggunakan sistem tersebut,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Multi Lane Free Flow (MLFF) hutama karya jalan tol
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top