Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Masuk Tahun Politik, Kementerian PUPR: Proyek KPBU Masih Prospektif

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjamin prospek proyek kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) masih positif meski memasuki tahun politik.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 05 Juli 2022  |  21:02 WIB
Masuk Tahun Politik, Kementerian PUPR: Proyek KPBU Masih Prospektif
Suasana pembangunan rel dan infrastruktur kereta api Sulawesi Selatan dalam proses pembangunan di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Selasa (28/6/2022). Bisnis - Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan proyek-proyek kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) pada tahun depan akan tetap menarik bagi para investor.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan pemerintah akan tetap menawarkan proyek-proyek KPBU kepada para investor.

Menurutnya, para investor tidak perlu ragu untuk terlibat dalam proyek tersebut, terutama pada proyek-proyek yang menjadi prioritas pemerintah.

"Kalau itu proyek yang jadi prioritas pemerintah, kemudian itu punya nilai ekonomi yang bagus bagi investor tetap tertarik dengan value yang diberikan dari proyek itu, pasti akan tetap berjalan. Intinya investor akan lebih selektif tapi tidak menutup peluang KPBU terus berjalan," ujarnya kepada Bisnis, Selasa (5/7/2022).

Dia menuturkan kalkulasi bisnis dari para investor memang dapat dikaitkan dengan perkembangan politik ke depannya. Hal itu akan membuat para investor lebih selektif terhadap proyek-proyek yang ditawarkan pemerintah.

Endra menilai keputusan bisnis dari para investor tersebut sedikit banyak dapat mempengaruhi minat pada proyek-proyek jangka pendek.

"Investor tak perlu ragu kalau itu memang jadi komitmen pemerintah, prioritas pemerintah, value ekonominya tinggi, IRR-ya bagus, artinya itu kan pasarnya menyambut baik dan dia durasi kontraknya panjang, jadi itu menurut kami tidak ada keraguan untuk investor, tapi mereka akan selektif saja," ungkapnya.

Kementerian PUPR akan menyiapkan sebanyak 26 proyek KPBU dengan total nilai investasi Rp126,65 triliun yang akan ditawarkan kepada para investor.

Adapun, dari total 26 proyek KPBU tersebut, 10 di antaranya masuk tahap penyiapan dengan total nilai Rp38,83 triliun, sedangkan 16 proyek sisanya masuk dalam tahap transaksi dengan total nilai Rp126,85 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

KPBU Kementerian PUPR investasi infrastruktur tahun politik
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top