Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Siapkan Proyek KPBU, Hutama Karya Berminat

PT Hutama Karya (Persero) masih membuka peluang proyek kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) meski telah memasuki tahun politik.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 05 Juli 2022  |  18:40 WIB
Pemerintah Siapkan Proyek KPBU, Hutama Karya Berminat
Situasi arus lalu lintas di gerbang tol Itera Kotabaru di jalan tol Trans Sumatra - Hutama Karya

Bisnis.com, JAKARTA – PT Hutama Karya (Persero) masih berminat untuk ikut proyek kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) yang ditawarkan meski telah memasuki tahun politik.

EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo menjelaskan perseroan masih akan mendukung sejumlah proyek pembangunan baik untuk Ibu Kota Negara Nusantara dan juga dalam pembangunan proyek-proyek KPBU yang ditawarkan oleh pemerintah.

"Sejauh ini perusahaan masih membidik beberapa proyek strategis sesuai portofolio perusahaan seperti pembangunan bandara, bendungan, PLTU, pembangunan gedung, road & related buildings dan beberapa proyek KPBU lainnya," ujarnya kepada Bisnis, Selasa (5/7/2022).

Pada 2023, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyiapkan 26 proyek KPBU dengan total nilai investasi Rp126,65 triliun.

Adapun, dari total 26 proyek KPBU tersebut, 10 di antaranya masuk tahap penyiapan dengan total nilai Rp38,83 triliun, sedangkan 16 proyek sisanya masuk dalam tahap transaksi dengan total nilai Rp126,85 triliun.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Herry Trisaputra Zuna memaparkan untuk proyek tahap penyiapan pada 2023 di antaranya 2 proyek dari sektor jalan dan jembatan, 2 proyek dari sektor sumber daya air, 1 proyek dari sektor perumahan, dan 5 proyek dari sektor permukiman.

Sementara itu, proyek KPBU tahap transaksi terdiri atas 2 proyek sektor jalan dan jembatan, 7 proyek sektor sumber daya air, 4 proyek sektor perumahan, dan 3 proyek dari sektor permukiman.

“Harapannya tahun ini studi sama kesiapannya [proyek KPBU] selesai,” jelasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

KPBU hutama karya Kementerian PUPR infrastruktur IKN
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top