Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ulang Tahun Jakarta, Naik Transjakarta-MRT-LRT Gratis!

Moda transportasi yang terintegrasi melalui sistem Jak Lingko hari ini menggratiskan biaya perjalanan seperti Transjakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta dalam rangka Ulang Tahun Jakarta.
Angkutan Jak Lingko dan Bus Transjakarta merupakan transportasi publik yang disediakan Pemprov DKI untuk warganya./Istimewa
Angkutan Jak Lingko dan Bus Transjakarta merupakan transportasi publik yang disediakan Pemprov DKI untuk warganya./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah perusahaan penyedia layanan transportasi di Jakarta menggratiskan tarif perjalanan dalam rangka hari ulang tahun (HUT) DKI Jakarta ke-495 hari ini, Rabu (22/6/2022).

Moda transportasi yang terintegrasi melalui sistem Jak Lingko hari ini menggratiskan biaya perjalanan seperti Transjakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta.

Layanan khusus tersebut diatur dalam Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta No.e-0076/2022 tentang Penugasan Tarif Layanan Khusus Transportasi Umum Transjakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta dalam Rangka HUT DKI Jakarta ke-495.

Melalui keterangan resmi, PT Transportasi Jakarta atau Transjakarta menyampaikan akan menggratiskan tarif naik moda bus tersebut mulai pukul 00.00 sampai dengan 23.59 sejak dini hari tadi.

"Dalam rangka memeriahkan momen Jakarta Hajatan ke-495 yang jatuh besok, Rabu [22/6], PT Transportasi Jakarta [Transjakarta] menerapkan tarif Rp1 yang bisa dinikmati mulai pukul 00.00-23.59 WIB," terang Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta Anang Rizkani Noor melalui siaran pers, Selasa (20/6/2022).

Kendati demikian, tarif Rp1 tidak berlaku untuk layanan Royaltrans (Rp20.000) dan Mikrotrans (Rp0). Pelanggan juga tetap diwajibkan melakukan tap in dan tap out pada mesin gate atau alat tap on bus (TOB) yang tersedia di dalam bus.

Tarif Rp1 juga berlaku hari ini bagi pengguna jasa MRT Jakarta. Moda yang memiliki rute dari Bundaran HI sampai dengan Lebak Bulus tersebut biasanya dibanderol dengan tarif sebesar Rp3.000 sampai dengan Rp14.000 sesuai rute yang diambil.

"Bebas naik MRT dengan tarif khusus Rp 1 per perjalanan yang berlaku hanya di tanggal 22 Juni 2022, dan dapat dinikmati dengan Kartu Uang Elektronik Bank, Kartu Jelajah Berganda [MTT], Kartu Multi Trip [KMT], maupun tiket QR di aplikasi MRT-J dan aplikasi JakLingko," demikian dikutip dari media sosial Instagram MRT Jakarta @mrtjkt.

Kemudian, LRT Jakarta turut menggratiskan tarif perjalanan dengan tetap mewajibkan pengguna layanan melakukan tap in dan tap out menggunakan Kartu Uang Elektronik seperti Flazz, E-Money, Brizzi, dan lain-lain. Pelanggan LRT Jakarta juga bisa menggunakan aplikasi Link Aja untuk memanfaatkan tarif gratis khusus HUT DKI Jakarta hari ini.

"Bertepatan dengan Jakarta Hajatan yang ke-495 tahun, bagi kamu Sahabat yang #NaikLRTJ pada tanggal 22 Juni 2022 cuma bayar Rp0,- lho!!!," dikutip dari media sosial Instagram @lrtjkt.

Seperti yang tertuang dalam SK Kadishub DKI Jakarta, layanan tarif gratis ini akan berakhir pada 23.59 WIB malam ini. Pelanggan yang memanfaatkan layanan tersebut juga tetap diimbau untuk menerapkan protokol kesehatan yang masih berlaku di masing-masing moda transportasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper