Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kepala Bappenas Sebut Proyek IKN Nusantara Banjir Investor

Kepala Bappenas menyebut proyek IKN Nusantara diminati banyak investor, tetapi masih menunggu kepastian aturannya.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 13 Juni 2022  |  19:35 WIB
Kepala Bappenas Sebut Proyek IKN Nusantara Banjir Investor
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa memberikan penjelasan saat berkunjung ke kantor redaksi Bisnis Indonesia, di Jakarta, Senin (13/7/2020). Bisnis - Dedi Gunawan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan bahwa banyak investor berminat membenamkan modalnya di proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Ivestor itu sudah banyak yang menanyakan dan mungkin sebentar lagi kita akan bertemu," katanya usai Ratas di Istana Negara, Jakarta, Senin (13/6/2022).

Namun, Suharso mengakui bahwa para investor tersebut masih menunggu aturan terkait investasi di IKN Nusantara. Dia pun telah menyampaikan persoalan tersebut kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pedomannya itu supaya lebih tegas tadi kita minta arahan Bapak Presiden. Dua minggu kedepan mudah-mudahan aturan itu selesai," katanya.

Adapun, aturan yang dimaksud Suharso mengatur salah satunya pemberian insentif dan desentif kepada para investor. Insentif tersebut, sambungnya, termasuk insentif fiskal dan nonfiskal.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut total anggaran yang akan digunakan untuk pembangunan IKN Nusantara pada tahun ini senilai Rp5 triliun.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pihaknya hanya menangani beberapa pekerjaan dalam proyek pembangunan IKN seperti prasarana dasar, jalan tol, jalan nasional, penyediaan air baku, drainase, dan kantor-kantor pemerintah.

Sementara itu, hingga 2024, Kementerian PUPR telah mematok biaya pembangunan IKN dengan total anggaran mencapai Rp43,73 triliun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bappenas Suharso Monoarfa IKN
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top