Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Bakal Terbitkan Regulasi soal Penggunaan Lahan di IKN

Jokowi bersama dengan jajaran membahas percepatan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (13/6/2022).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 13 Juni 2022  |  19:08 WIB
Jokowi Bakal Terbitkan Regulasi soal Penggunaan Lahan di IKN
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin prosesi Kendi Nusantara atau penyatuan air dan tanah dari seluruh provinsi di Indonesia di kawasan Titik Nol Kilometer IKN, Kalimantan Timur pada Senin (14 Maret 2022) / Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama dengan jajaran membahas percepatan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (13/6/2022).

Pertemuan Presiden Jokowi dan jajaran untuk membahas pembangunan IKN diungkap oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. Dia menyebut isu yang dibahas khususnya terkait pembiayaan dan penggunaan lahan di IKN Nusantara.

"Tadi kita membahas terkait percepatan pembangunan Ibu Kota Nusantara," kata Suharso, Senin (13/6/2022).

Dia menyampaikan salah satu bentuk kebijakan untuk mendorong percepatan pembangunan IKN adalah sektor pembiayaan. Dia mengatakan pemerintah ingin memberikan peluang investasi seluas-luasnya bagi swasta, tapi tetap dengan sejumlah aturan yang kini tengah dirumuskan.

"Bagaimana pembiayaan itu sedemikian rupa, pertama tidak mengganggu APBN, yang kedua memberikan peluang seluas-luasnya kepada partisipasi swasta publik," ujar Suharso.

Selain itu, Suharso mengungkapkan rapat tersebut juga membahas soal perlunya peraturan pemerintah terkait penggunaan lahan di IKN.

"Sebagaimana diatur dalam undang-undang, maka diperlukan peraturan pemerintah (PP) untuk mengatur kewenangan khusus terkait lahan," ujar Suharso.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi bappenas IKN ibu kota negara

Sumber : Antara

Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top