Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Kondisi Awal Pekan usai Perubahan Rute KRL

KAI Commuter menjelaskan kondisi awak pekan usai perubahan rute KRL.
Sejumlah penumpang KRL Commuter Line tiba di Stasiun Tangerang, Kota Tangerang, Banten, Senin (3/1/2022). ANTARA FOTO/Fauzan
Sejumlah penumpang KRL Commuter Line tiba di Stasiun Tangerang, Kota Tangerang, Banten, Senin (3/1/2022). ANTARA FOTO/Fauzan

Bisnis.com, JAKARTA – Kondisi Stasiun Manggarai terpantau ramai lancar pada awal pekan Siang ini, Senin (6/6/2022) usai adanya perubahan rute KRL.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan volume pengguna KRL di seluruh stasiun hingga pukul 14.00 WIB sebanyak 319.675 orang atau naik 5 persen dibandingkan dengan volume pengguna pada waktu yang sama pada Senin pekan kemarin yaitu sebanyak 303.926 orang.

Sementara itu khusus di Stasiun Manggarai tercatat volume pengguna hingga pukul 14.00 WIB sebanyak 10.152 orang.

“Sebagai antisipasi kepadatan penumpang setelah perubahan pola operasi, mulai kemarin, KAI Commuter melakukan perluasan area flow pengguna dari arah peron jalur 8 di area lantai satu Stasiun Manggarai,” ujarnya melalui keterangan resmi, Senin (6/6/2022).

Anne menjelaskan perluasan ini dilakukan untuk pemisahan flow pengguna transit di Stasiun Manggarai yang akan menuju jalur 8 untuk tujuan Bekasi/Cikarang dengan flow pengguna yang dari jalur 8 untuk transit di Stasiun Manggarai.

Khusus untuk melayani pengguna transit di Stasiun Manggarai KAI Commuter tetap mengoperasikan 12 perjalanan KRL Feeder tambahan relasi Manggarai - Angke/Kampung Bandan PP pada pagi hari, serta 10 perjalanan KRL Feeder tambahan relasi Manggarai - Angke/Kampung Bandan PP dan Manggarai – Bekasi PP pada sore hari.

Dengan demikian, Anne meminta para pengguna yang transit di Stasiun Manggarai bisa memanfaatkan jadwal-jadwal perjalanan KRL Feeder.

KAI Commuter juga menambahkan fasilitas pelayanan untuk naik dan turun pengguna di Srasiun transit Kampung Bandan berupa penambahan bancik. Penambahan bancik ini untuk mengantisipasi bertambahnya pegguna yang naik dan turun di Stasiun Kampung Bandan.

Tercatat hingga pukul 14.00 WIB jumlah pengguna yang naik dan turun di Stasiun Kampung Bandan sebanyak 4.299 orang. Angka tersebut mengalami kenaikan sebanyak 3 persen dibanding minggu lalu di waktu yang sama yaitu sejumlah 4.159 orang.

Dengan pola operasi perjalanan yang baru ini, terdapat juga alternatif perjalanan yang bisa digunakan pengguna. Pada sore hari pengguna di Stasiun Sudirman atau Tanah Abang tujuan Bekasi/Cikarang bisa melakukan perjalannya menggunakan KRL skema pola opeasi full racket dengan relasi Manggarai – Angke – Kampung Bandan – Pasar Senen –Jatinegara untuk menuju Bekasi/Cikarang.

Sementara itu, bagi pengguna KRL dari arah Jakarta Kota tujuan Bekasi/Cikarang bisa memilih alternatif perjalananya dengan trasit di Stasiun Kampung Bandan, begitupun sebaliknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper