Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Target Molor, Uji Coba MLFF Dimulai Semester I/2023

Rencana uji coba penerapan pembayaran jalan tol tanpa kartu atau multi lane free flow (MLFF) berubah menjadi semester I/2023.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 03 Juni 2022  |  16:08 WIB
Target Molor, Uji Coba MLFF Dimulai Semester I/2023
Sejumlah kendaraan melintasi gerbang tol saat pemberlakuan 'Contraflow' di jalan tol Jakarta-Cikampek, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022) dini hari. ANTARA FOTO - M Risyal Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – Rencana untuk uji coba penerapan pembayaran jalan tol tanpa kartu atau multi lane free flow (MLFF) oleh Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat berubah menjadi semester I/2023.

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Yongki mengatakan menjelaskan pada saat ini uji coba terkait dengan penerapan MLFF masih dilakukan di internal. Dia memastikan uji coba MLFF untuk publik tidak dilakukan pada akhir tahun ini.

"Uji cobanya masih untuk internal dulu. Nanti rencana uji coba ke publik pada semester I/2023," ujarnya kepada Bisnis baru-baru ini.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui BPJT bakal menerapkan sistem transaksi nontunai nirsentuh atau multi lane free flow (MLFF) di jalan tol untuk menggantikan kartu tol atau e-Toll card.

Kepala BPJT Danang Parikesit menyatakan dengan diterapkannya MLFF, nantinya pengendara selaku pengguna jalan tol tidak perlu lagi berhenti di gerbang tol apalagi mengantre untuk tapping kartu uang elektronik saat melakukan pembayaran.

Danang menuturkan implementasi sistem MLFF akan dilakukan secara bertahap di beberapa ruas jalan tol.

Danang menegaskan penerapannya direncanakan akhir tahun ini, sedangkan untuk ruas jalan tol yang akan diterapkan sistem tersebut pada akhir tahun masih dalam pembahasan.

"Untuk tahap awal implementasi dimulai dengan masa transisi pada beberapa ruas jalan tol, di mana sebagian gardu pada setiap gerbang tol masih dapat menggunakan kartu tol elektronik," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol bpjt Kementerian PUPR Multi Lane Free Flow (MLFF)
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top