Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pastikan Keamanan Konsumsi Jemaah Haji, Kemenag dan BPOM Siapkan MoU

Kementerian Agama bermitra dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk memastikan konsumsi jemaah haji selama di Tanah Suci.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 18 Mei 2022  |  06:29 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. - Istimewa
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Agama berupaya untuk memastikan keamanan dan kesehatan pangan atau konsumsi jemaah haji selama di tanah suci dengan menyiapkan nota kesepahaman dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan kesehatan makanan jemaah selama di Tanah Suci perlu diperhatikan. Sebab, asupan gizi yang baik dapat menunjang kesehatan jemaah sehingga bisa beribadah dengan khusyuk.

"Kami tetap menyarankan makanan yang dikonsumsi jemaah selama di Tanah Suci adalah makanan yang bercita rasa nusantara agar dapat meyesuaikan selera dan kondisi pencernaan jemaah yang terbiasa dengan makanan khas nusantara," ujarnya, dikutip dari keterangan resminya, Selasa (17/5/2022).

Terkait makanan khas nusantara ini, dia mengemukakan pihaknya mengimbau katering di Tanah Suci untuk menggunakan bahan dan bumbu dari tanah air agar cuta rasa masakannya tidak banyak berubah.

Menurutnya, makanan menjadi hal yang cukup krusial dan penting untuk diperhatikan. Sebab, dari makanan yang bergizi ini para jemaah dapat menjadi sehat dan khusyuk dalam beribadah.

"Terkadang makanan yang dikonsumsi jemaah sudah cukup kandungan gizinya. Namun distribusi makanan mungkin saja tidak tepat waktu sehingga makanan yang harusnya sehat menjadi kurang sehat dan ini perlu diperhatikan. Sehingga, kami sangat bersyukur tim dari BPOM mengingatkan kami akan hal ini," tutur Menag.

Kepala BPOM Penny Kusumastuty Lukito mengatakan timnya siap membantu proses pengecekan pangan jemaah agar sesuai dengan aturan kesehatan yang baik bagi para jemaah.

"Kami memiliki food inspector sehingga dapat memaksimalkan pengawasan terhadap kesehatan pangan dan obat-obatan bagi para jemaah," terang Penny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ibadah Haji kemenag BPOM keamanan pangan
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top