Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mudik Gratis Pakai Kapal Pelni Total Angkut 3.800 Penumpang

Kemenhub dan Pelni telah mengangkut sebanyak lebih dari 3.800 penumpang program Mudik Gratis ke Semarang dan Surabaya.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 13 Mei 2022  |  17:45 WIB
Mudik Gratis Pakai Kapal Pelni Total Angkut 3.800 Penumpang
KM Kelud milik Pelni nampak dari atas ketika sandar di Lombok. - Dok. PT Pelni
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah telah mengangkut sebanyak 3.822 orang dan 1.582 unit sepeda motor menggunakan kapal laut untuk program mudik gratis Lebaran tahun ini.

Program mudik gratis dengan kapal laut tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan dan PT Pelni. Pada hari ini, Jumat (13/5/20220), Kapal KM Dobonsolo telah merapat di dermaga terminal penumpang Tanjung Priok sebagai kapal terakhir yang membawa pulang peserta mudik gratis kembali dari Semarang dan Surabaya.

Sebelumnya, keberangkatan pertama mudik gratis dengan kapal laut diselenggarakan pada Selasa (26/4/2022).

"Ribuan pemudik tersebut diangkut oleh 2 (dua) kapal yang dioperatori oleh PT. Pelni yaitu KM Dobonsolo dan KM Ciremai dengan tujuan atau asal Semarang dan Surabaya," ujar Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt Mugen S. Sartoto, dikutip dari siaran pers, Jumat (13/5/2022).

Mugen menilai mudik gratis berjalan sukses dan mendapat apresiasi dari banyak pihak termasuk masyarakat dan pemerintah daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Mugen juga meminta maaf terkait dengan kekurangan pelayanan dalam pelaksanaan angkutan mudik dan balik ini. Dia menegaskann kekurangan yang terjadi akan dievaluasi dan diperbaiki agar dapat terlaksana lebih baik lagi ke depannya.

"Semoga kedepannya mudik gratis seperti ini dapat terus kita laksanakan," ucapnya.

Di sisi lain, Mugen mengatakan akan terus memantau pergerakan angkutan Lebaran pemudik sampai dengan pekan depan. Kemenhub mengantisipasi masih berlangsungnya pergerakan arus balik pemudik di jalur laut hingga H+15 Lebaran atau sampai dengan Rabu (18/5/2022).

"Kami tetap siaga memonitor pergerakan penumpang di 110 pelabuhan pantau," jelas Mugen.

Seperti diketahui, pemerintah, BUMN, dan swasta menyediakan mudik gratis pada saat arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Penyelenggaraan mudik gratis dilakukan pada jalur darat dengan bus, penyeberangan, laut, dan kereta api untuk mengangkut motor pribadi.

Salah satu tujuan dari adanya program mudik gratis yakni untuk mengantisipasi penggunaan sepeda motor bagi pemudik yang berangkat menuju Jawa bahkan Sumatera. Hal tersebut dikhawatirkan bisa menyebabkan tingginya angka kecelakaan lalu lintas.

Kendati demikian, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengklaim bahwa terjadi penurungan angka kecelakaan lalu lintas pada saat pelaksanaan mudik Lebaran tahun ini.

Penurunan angka kecelakaan, lanjut Budi, terjadi meskipun adanya dominasi kendaraan pribadi sebagai angkutan mudik yakni mencapai 47 persen dari total pergerakan. Budi menyebut angka kecelakaan lalu lintas saat mudik 2022 turun 45 persen, berdasarkan data kepolisian.

"Penurunan kecelakaan lalin diikuti juga dengan penurunan pemudik pengguna sepeda motor. Saya menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor, karena sangat beresiko," kata Budi, Selasa (10/5/2022). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub pelni pt pelni mudik gratis
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top