Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arus Balik 2022, Pemudik Sepeda Motor Kemenhub dan PELNI Berangkat Hari Ini

Kementerian Perhubungan bersama PT PELNI (Persero) memberangkatkan 1.180 peserta arus balik gratis sepeda motor dengan kapal laut.
KM Kelud milik Pelni nampak dari atas ketika sandar di Lombok. / Dok. PT Pelni
KM Kelud milik Pelni nampak dari atas ketika sandar di Lombok. / Dok. PT Pelni

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama PT PELNI (Persero) memberangkatkan 1.180 peserta arus balik gratis sepeda motor dengan kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang hari ini, Selasa (10/5/2022).

Peserta arus balik yang menggunakan sepeda motor bertolak menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, menggunakan KM Ciremai pada pukul 15.00 WIB tadi. Para peserta arus balik diperkirakan tiba esok hari di Jakarta.

Adapun, program gratis untuk sepeda motor ini dilayani oleh dua kapal PT. PELNI, yaitu KM. Ciremai dan KM. Dobonsolo.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut Capt Mugen Sartoto menjelaskan pada hari ini, 466 unit sepeda motor diangkut dengan kapal KM. Ciremai, bersama dengan 1.180 orang peserta. Sebelumnya, kapal KM Ciremai bertolak dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya kemarin, Senin (9/5/2022).

Sementara itu, keberangkatan arus balik gratis oleh Kemenhub dan PELNI akan dilanjutkan dari Surabaya, Rabu (11/5/2022), dan dari Semarang, Kamis (12/5/2022). Sebanyak 674 peserta terdaftar (angka sementara) dan 308 unit sepeda motor akan diangkut dengan kapal KM Dobonsolo.

Selain itu, Capt Mugen menyebut masih ada satu keberangkatan arus balik gratis dengan KM Dobonsolo yang akan bertolak dari Surabaya, Rabu (11/5/2022) pukul 17.00 WIB, dan dari Semarang, Kamis (12/5/2022) pukul 15.00 WIB.

"Masih ada kuota tersisa, jadi bagi yang belum arus balik dipersilahkan untuk segera mendaftar, pendaftaran juga bisa dilakukan pada hari H di Pelabuhan keberangkatan, yaitu Tanjung Perak Surabaya dan Tanjung Emas Semarang dengan catatan maksimal 4 jam sebelum keberangkatan dan selama masih ada kuota tersisa," imbaunya, dikutip dari siaran pers, Selasa (10/5/2022).

Adapun, tujuan utama adanya program arus mudik dan balik gratis dengan kapal laut yakni guna mengalihkan minat para pemudik roda dua untuk tertarik naik kapal laut. Pengalihan tersebut dilakukan supaya mengurangi kepadatan arus lalu lintas di jalan raya yang pada akhirnya mampu meningkatkan keselamatan transportasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper