Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Mudik 2022, Menhub: One Way dan Contraflow di Jalan Tol Andalan Urai Macet

Menhub Budi Karya menyebut one way dan contraflow di jalan tol menjadi andalan urai macet saat mudik 2022.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 02 Mei 2022  |  09:32 WIB
Mudik 2022, Menhub: One Way dan Contraflow di Jalan Tol Andalan Urai Macet
Kepadatan kendaraan di pintu keluar Jalan Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Pada arus mudik H-4 Lebaran 2022, kendaraan yang keluar di Gerbang Tol Cileunyi menuju arah Garut-Tasikmalaya hingga Jawa Tengah terpantau padat. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut kepadatan lalu lintas yang terjadi pada saat puncak arus mudik, sejak Kamis (28/4/2022) sampai dengan Sabtu (30/4/2022) dapat diatasi dengan baik berkat rekayasa lalu lintas one way dan contraflow di jalan tol.

Budi mengatakan utamanya rekayasa lalu lintas bisa mengatasi kepadatan lalu lintas yang sempat terjadi di hari puncak mudik di Jalur tol Jakarta menuju Cikampek ke arah timur.

Hal ini diungkapkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Gerbang Tol Palimanan, Minggu (1/5/2022).

“Memang sempat ada masalah saat menerapkan contraflow dan one way pertama kali. Namun selanjutnya bisa diatasi dengan baik,” jelas Budi, dikutip dari siaran pers, Senin (2/5/2022).

Budi menilai keberhasilan mengatasi kepadatan lalu lintas berkat koordinasi yang dilakukan oleh Kepolisian, Jasa Marga, Kemenhub, dan unsur terkait lainnya.

“Kami mempersiapkannya jauh-jauh hari dengan melakukan simulasi-simulasi,” ujar Budi.

Lebih lanjut, dengan rekayasa lalu lintas one way, perjalanan dari arah barat menuju ke timur hingga ke Semarang dapat dilalui dengan cukup lancar. Hal itu diharapkan bisa diterapkan dengan baik pada puncak arus mudik, yang diprediksi jatuh pada Sabtu (7/5/2022) sampai dengan Minggu (8/5/2022).

“Keberhasilan rekayasa lalin pada arus mudik, diharapkan juga dapat terjadi pada arus balik,” tuturnya.

Dua titik yang menjadi perhatian khusus pemerintah untuk ditangani yaitu Jalan Tol Jakarta–Semarang dan Penyeberangan Merak. Pada puncak mudik, di Pelabuhan Penyeberangan Merak juga sempat terjadi kepadatan akibat tingginya lonjakan pemudik yang akan menyeberang.

Untuk mengatasi kepadatan, telah dilakukan penambahan dua pelabuhan yakni Ciwandan dan Indah, serta penambahan kapal. Tercatat, sebanyak dua kapal beroperasi di Dermaga Indah Kiat dan sembilan kapal beroperasi di Dermaga Ciwandan. Sehingga total kapal yang beroperasi melayani penyeberangan dari Merak ke Bakauheni dan Pelabuhan Panjang, Lampung sebanyak 53 kapal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol contra flow contraflow Mudik Lebaran mudik arus mudik satu arah, one way
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top