Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

H-2 Lebaran, Jasa Marga (JSMR): Arus Mudik di Jalan Tol Bakal Makin Melandai

Jasa Marga memprediksi arus mudik di jalan tol bakal makin melandai pada H-2 Lebaran.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 30 April 2022  |  11:44 WIB
Kendaraan memadati Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). PT Jasa Marga mencatat terjadi peningkatan arus lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek ke arah Cikampek sebesar 141 persen pada H-4 Lebaran. ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar - tom.
Kendaraan memadati Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). PT Jasa Marga mencatat terjadi peningkatan arus lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek ke arah Cikampek sebesar 141 persen pada H-4 Lebaran. ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar - tom.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga Tbk. (JSMR) memprediksi lalu lintas darat khususnya jalan tol pada arus mudik Lebaran 2022 akan makin melandai dalam dua hari ke depan. Hal ini disebabkan oleh arus mudik yang disebut telah memuncak kemarin, Jumat (29/4/2022).

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan lalu lintas arus mudik hari ini masih akan ramai seperti kemarin, tetapi volume pergerakan tidak setinggi saat puncak kemarin.

"Angkanya akan lebih sedikit dari kemarin. Jadi orang memanfaatkan waktu cuti bersama lebih lama," kata Dwimawan pada webinar, Sabtu (30/4/2022).

Lebih lanjut, Dwimawan memprediksi pergerakan akan makin melandai pada Minggu (1/5/2022) atau H-1 Lebaran. Dia memprediksi 20 persen dari total pemudik tahun ini baru akan melakukan perjalanan pada hari ini dan esok hari.  

Berdasarkan survei Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan, sebanyak 85,5 juta orang berencana untuk mudik tahun ini. Sebanyak 47 persen di antaranya akan menggunakan jalur darat seperti bus, mobil pribadi, dan sepeda motor.

Di samping itu, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menyebut akan mengoptimalkan skema pengaturan manajemen rekayasa lalu lintas one way dan ganjil genap selama Angkutan Lebaran 2022 (1443 H). Implementasi skema tersebut sudah diterapkan sejak Kamis (28/04/2022), atau H-4 Lebaran.

Sampai dengan kemarin, Jumat (29/04/2022), Budi mengklaim kebijakan tersebut cukup mampu menghindari kemacetan di sepanjang KM 47 (Tol Jakarta--Cikampek) sampai dengan KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung).

"Kami terus berkoordinasi dengan Kepolisian sebagai pelaksanan teknis di lapangan. Koordinasi ini kami lakukan secara berkala untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan lainnya selama pemberlakuan one way dan ganjil genap," ujar Budi, dikutip dari siaran pers, Jumat (29/4/2022). 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol jasa marga Mudik Lebaran mudik arus mudik pt jasa marga tbk Info Mudik
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top