Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mudik Lebaran 2022, Mengintip Keunikan Rest Area Banjaratma

Rest Area Banjaratma adalah salah satu rest area terunik yang terletak di jalur utama mudik lebaran terletak di ruas tol Pemalang - Pejagan arah Jakarta, tepatnya di KM 260 B Desa Banjaratma, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.
Faustina Prima Martha
Faustina Prima Martha - Bisnis.com 24 April 2022  |  09:09 WIB
Rest Area Banjaratma: Rest Area dengan Arsitektur Unik di Jalur Mudik
Rest Area Banjaratma: Rest Area dengan Arsitektur Unik di Jalur Mudik

Bisnis.com, JAKARTA – Jalan tol merupakan salah satu fasilitas vital yang banyak digunakan oleh pemudik untuk bertolak menuju kampung halaman mereka.

Sejak tahun 1973 hingga kini, lebih dari 2.000 kilometer jalan tol telah dibangun. Tidak hanya di pulau Jawa tetapi juga di Bali, Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan.

Dalam operasionalnya tentu membutuhkan infrastruktur pendukung. Salah satunya Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) bagi para pengendara atau akrab di telinga kita dengan sebutan rest area.

Perubahan perilaku sebagian masyarakat, turut mengubah wajah rest area. Rest area awalnya hanya untuk memenuhi ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) dan urusan toilet, perlahan mulai menyesuaikan dengan kebutuhan dan gaya hidup masyarakat masa kini. Saat ini rest area banyak menyediakan tempat bersantai, berwisata kuliner, dan belanja oleh-oleh.

Oleh karena itu, operator berlomba-lomba membuat rest area tematik dan unik. Harapannya dapat menarik minat masyarakat untuk singgah dan membelanjakan uangnya di rest area yang mereka kelola.

Salah satu rest area terunik yang terletak di jalur utama mudik lebaran terletak di ruas jalan tol Pemalang - Pejagan arah Jakarta, tepatnya di KM 260 B Desa Banjaratma, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Dibangun di atas lahan eks komplek pabrik gula jaman 'onderneming', kesan ikonik muncul karena tetap mempertahankan bangunan asli pabrik.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Pabrik Gula Banjaratma dibangun pada tahun 1908 oleh N.V. Cultuurmaatschappij, sebuah perusahaan perkebunan berpusat di Amsterdam, Belanda. Pabrik yang berdiri di atas lahan seluas 10,5 hektar ini, terpaksa harus gulung tikar pada tahun 1997 akibat tingginya biaya operasional. Tak berapa lama bangunan itu ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya.

Bangunan pabrik didominasi material bata merah tanpa plesteran sehingga menyuguhkan kesan retro. Dipandang dari depan rest area, jejak kejayaan Pabrik Gula Banjaratma seolah muncul kembali. Sementara itu, dengan mempertahankan sisa-sisa besi lawas bekas alat pemroses gula, tegel kuno, dan detail otentik berupa nama pembuat tiang besi yang dipatri di sisi tiang, melahirkan aroma romantisme masa lalu yang kental.

Dengan segala keunikannya, rest area KM 260 B Banjaratma ke depannya memungkinkan untuk dikembangkan sebagai lokasi untuk berbagai keperluan seperti pernikahan, foto pre wedding, pameran atau event lainnya. Memiliki areal yang luas, rest area Banjaratma sanggup menampung banyak pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk menjajakan produk-produk setempat. Diketahui, wilayah Brebes - Tegal dikenal dengan produk bawang merah, telor asin, kerupuk melarat, sate kambing, teh dan poci

Rest area unik tersebut dikelola oleh PT. PP Sinergi Banjaratma sejak 17 Maret 2019, rest area Banjaratma berupaya menjadi yang terindah di Indonesia. Walaupun fasilitas yang dibangun belum rampung seratus persen, manajemen perusahaan berharap Banjaratma menjadi destinasi yang wajib disinggahi.

Berkaca dari transformasi pabrik gula menjadi rest area, menunjukkan bahwa aset memiliki umur ekonomi yang relatif panjang. Aset berusia lebih dari seratus tahun ternyata masih dapat dioptimalkan untuk menciptakan pendapatan. Sentuhan kreatif dan pemikiran out of the box telah mengubah pabrik tak terurus menjadi aset yang menjanjikan.

Terdapat dua hal penting yang dicapai disini. Pertama, lestarinya bangunan tua sarat nilai sejarah yang turut mewarnai perjalanan panjang industri gula nusantara. Kedua, berputarnya roda perekonomian di rest area dan sekitarnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol brebes Mudik Lebaran rest area
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top