Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DHL Bangun Gudang Hijau Rp400 Miliar, Ini Penampakannya

DHL investasi bangun gudang hijau hingga Rp400 miliar seluas 40.000 meter persegi di Cikarang.
Penampakan gudang hijau DHL./ Dok. DHL
Penampakan gudang hijau DHL./ Dok. DHL

Bisnis.com, JAKARTA - DHL Supply Chain membuka fasilitas gudang hijau di Indonesia dengan investasi senilai Rp400 miliar di Cikarang.

President Director DHL Supply Chain Indonesia Sivananthan SKS menjelaskan gudang baru tersebut dibangun seluas 40.000 meter2. Rencananya pembangunan gudang hijau tersebut bakal selesai pada 2023 untuk memenuhi permintaan bisnis yang meningkat di Indonesia.

"DHL Supply Chain menginvestasikan Rp400 miliar rupiah atau €25 juta untuk fasilitas DHL Maheswara Green Logistics yang baru. Pembangunannya untuk menampung banyak pelanggan guna memenuhi permintaan layanan pergudangan yang terus meningkat," ujarnya, Selasa (19/4/2022).

Fasilitas baru tersebut menghadirkan solusi berkelanjutan untuk mengurangi emisi karbon. Tujuannya untuk mencapai logistik nol-emisi pada 2050.

Dia menjelaskan fasilitas ini menawarkan kapabilitas dan kenyamanan karena lokasinya yang dekat dengan pintu tol Cibatu atau 18 km dari Cikarang Dry Pot. DHL Maheswara Green Logistics akan menjadi Multi-User Facility ketujuh untuk memperluas bisnis logistik di Indonesia.

Fasilitas ini dilengkapi dengan solusi hijau untuk mengurangi emisi karbon. Fitur panel surya yang tersedia dirancang untuk menutupi konsumsi daya di gudang dan kantor pada siang hari, lampu LED dengan sensor gerak, pengelolaan air hujan, dan kendaraan listrik untuk pengiriman. Selain solusi kelestarian lingkungan, gedung ini juga menampung fasilitas bagi karyawan, seperti taman vertikal dan jogging track untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan.

"Semua gudang terletak dalam jarak dua hingga lima kilometer guna memastikan fleksibilitas dan efisiensi bagi pelanggan," jelasnya.

Sementara itu, Plt. Bupati Bekasi, Akhmad Marjuki, SE, MM, yakin kehadiran DHL Supply Chain Indonesia mampu menghadirkan lapangan pekerjaan yang luas bagi Kabupaten Bekasi. Dia juga berharap keberadaan DHL Maheswara Green Logistics mengutamakan penyerapan tenaga kerja dari SDM lokal Kabupaten Bekasi.

"Saya juga mengapresiasi kepada DHL Supply Chain Indonesia atas komitmennya terhadap kelestarian lingkungan hidup dengan memberikan solusi ramah lingkungan yang akan diterapkan nantinya di Gudang Maheswara Green Logistics ini," terangnya.

Adapun saat ini DHL juga menawarkan layanan logistik mulai dari pengiriman paket nasional dan internasional, pengiriman dagang-el dan solusi pemenuhan, ekspres internasional, transportasi darat, udara, dan laut, hingga manajemen rantai pasokan industri.

DHL adalah bagian dari Deutsche Post DHL Group yang membukukan pendapatan lebih dari 81 miliar euro pada 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper