Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DHL Jadi Mitra Resmi Logistik Formula E di Jakarta

DHL telah mendukung Formula E hingga mencapai balapan ke-100 yang diselenggarakan pada musim lalu di Seoul, Korea Selatan.
Sirkuit Formula E Jakarta di kawasan Ancol Jakarta Utara. Arena balapan mobil listrik tunggal tersebut sudah mulai diaspal, Jumat (19/5/2022). JIBI/Bisnis-Pernita Hestin Untari
Sirkuit Formula E Jakarta di kawasan Ancol Jakarta Utara. Arena balapan mobil listrik tunggal tersebut sudah mulai diaspal, Jumat (19/5/2022). JIBI/Bisnis-Pernita Hestin Untari

Bisnis.com, JAKARTA - Formula E dan DHL kembali melakukan kerja sama dan menjadi mitra logistik resmi Kejuaraan Dunia ABB FIA Formula E. Kerja sama tersebut dilanjutkan pada penyelenggaraan Formula E kedua kalinya di Jakarta.

DHL mengumumkan pada Januari 2023 mengenai perpanjangan kemitraan multi-tahun yang dimulai pada era Gen3 terus mengusung pentingnya aspek keberlanjutan ke kota-kota di seluruh dunia, termasuk di Jakarta.

Presiden Direktur DHL Global Forwarding Indonesia Vincent Yong menerangkan DHL Global Forwarding Indonesia dengan bangga memberikan dukungan kepada Formula E di Indonesia. 

"Seiring dengan persiapan kami untuk balapan kedua di negara ini, kami berkomitmen untuk memberikan layanan logistik yang luar biasa dengan fokus pada aspek keberlanjutan. Kami juga akan hadir di Allianz Fan Village tahun ini dengan berbagai kegiatan menarik seperti Virtual Reality e-bike dan simulator balap, photobooth 360, dan masih banyak lagi," jelasnya dalam keterangan, Selasa (30/5/2023). 

DHL telah menjadi mitra kejuaraan motorsport listrik pertama di dunia sejak 2014. Dengan pengalaman internasional selama 40 tahun di bidang motorsport, DHL berperan penting dalam mewujudkan konsep balap mobil listrik menjadi kenyataan dengan menyelenggarakan balapan perdana di Beijing pada tahun yang sama. 

Sejak saat itu, DHL telah mendukung Formula E hingga mencapai balapan ke-100 yang diselenggarakan pada musim lalu di Seoul, Korea Selatan, yang merupakan kota ke-26 yang menjadi tuan rumah balapan Formula E.

Di Indonesia, Jakarta akan menjadi tuan rumah E-Prix kedua dengan dua hari perlombaan pada 3 dan 4 Juni 2023 di Jakarta International e-Prix Circuit di Ancol. 

Musim ke-9 kali ini akan menampilkan 16 balapan di 11 kota ikonik dunia, termasuk kunjungan pertama kalinya ke Hyderabad, Cape Town, Sao Paulo, dan Portland, Oregon, sementara era Gen3 menjadi saksi debut kompetitif Gen3, mobil balap listrik tercepat, paling ringan, terkuat,  dan efisien yang pernah ada.

Thomas Tieber, CEO South East Asia DHL Global Forwarding, menerangkan kemitraan DHL dengan Formula E menampilkan kombinasi inovasi, kemajuan teknologi dan upaya keberlanjutan mencapai kinerja yang baik.

"Selain balapan di Hyberabad, Jakarta E Prix merupakan satu-satunya balapan di Asia tahun ini, saya bangga dan senang dapat berpartisipasi dan secara pribadi menghadiri acara motorsport listrik terbesar di Indonesia," katanya.

Chief Commercial Officer Formula E Matt Scammell menjelaskan DHL membantu mewujudkan Formula E dan telah menjadi mitra yang berharga sejak saat itu. 

"Kami senang dengan kemitraan ini di mana kami bersama-sama berlomba di batas inovasi, mendorong batas-batas pengembangan teknologi EV dan menentukan masa depan motorsport. DHL menjalankan fungsi penting dalam pengiriman setiap acara balapan di seluruh dunia, memelopori solusi terdepan dalam hal efisiensi dan keberlanjutan," ungkapnya.

DHL Global Forwarding Indonesia bersama dengan DHL Global Forwarding Motorsport menghormati kemitraan dengan Formula E dengan menyediakan logistik berkelanjutan yang canggih dan muthakir, yang menggabungkan transportasi multimoda yang disesuaikan, termasuk transportasi darat dan laut, yang memaksimalkan efisiensi dan mengurangi emisi CO2. 

Dengan menggunakan bahan bakar bio untuk semua angkutan darat dan laut, DHL akan menempuh jarak lebih dari 89.000-kilometer untuk musim ini, memindahkan sekitar 415-ton kargo penting di setiap balapan, termasuk mobil balap, baterai, unit pengisian daya, peralatan penyiaran, serta peralatan pemasaran dan pelayanan.

Pada 2021, DPDHL Group berkomitmen untuk menginvestasikan 7 miliar euro untuk operasi bersih dan logistik netral iklim per tahun 2030. Dana tersebut, sebagai contoh, akan digunakan mengelektrifikasi 60 persen armada jarak jauh per 2030, menempatkan lebih dari 80.000 kendaraan listrik di jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper