Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mudik 2022: Gerbang Tol Palimanan Tidak Difungsikan, Ini Alasannya

Gerbang Tol Palimanan tidak difungsikan selama arus mudik 2022.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 18 April 2022  |  19:48 WIB
Mudik 2022: Gerbang Tol Palimanan Tidak Difungsikan, Ini Alasannya
Antrean kendaraan di gerbang tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Minggu (10/6). Data dari PT Lintas Marga Sedaya (LMS) pada H-5 Lebaran, jumlah kendaraan yang keluar dari gerbang tol Palimanan mencapai 44.408 mobil. - ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rekayasa lalu lintas telah disiapkan untuk menghadapi lonjakan volume lalu lintas pada saat arus mudik Lebaran 2022, salah satunya dengan tidak dioperasikannya gerbang tol untuk menghindari antrean kendaraan. PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menyatakan bakal tidak mengoperasikan satu gerbang tol pada saat arus mudik.

Marketing & Communication Department Head Jasamarga Transjaaw Tollroad Regional Division Tody Satria Chanta mengatakan pihaknya memastikan hanya akan ada satu gerbang tol yang tidak dioperasikan pada saat arus mudik Lebaran. Untuk gerbang tol lain, pihaknya bakal mengoperasikan seluruh gardu untuk mengurangi antrean kendaraan.

"Untuk peningkatan kenyamanan dan kelancaran lalu lintas pada saat libur Lebaran, hanya Gerbang Tol Palimanan saja yang tidak difungsikan," ujarnya, Senin (18/4/2022).

Berdasarkan hasil survey Balitbanghub, telah mengidentifikasi sejumlah daerah yang paling krusial pada masa mudik 2022 yakni daerah asal terbanyak dari Jawa Timur 14,6 juta orang, Jabodetabek 14,3 juta dan Jawa Tengah 12,1 juta. Daerah tujuan terbanyak ke daerah Jawa Tengah 23,5 juta, Jawa Timur 16,8 juta dan Jawa Barat 14,7 juta. Untuk arus puncak diprediksi terjadi pada 29-30 April 2022, sementara arus balik terjadi pada 8 Mei 2022.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Danang Parikesit menjelaskan pihaknya telah menyiapkan sepanjang 2.500 km jalan tol yang akan dioperasikan selama periode mudik lebaran tahun 2022.

Danang mengatakan pemerintah memastikan mulai H-10 masa mudik, tidak ada jalan tol yang berlubang dan konstruksi di jalan tol yang dapat mengganggu mobilitas masyarakat.

Dalam rangka mengoptimalkan pergerakan arus lalu lintas saat Idulfitri 1443 Hijriyah, juga akan dilakukan pengaturan operasional angkutan barang pada masa arus mudik dan arus balik selama angkutan Lebaran 2022. Sejumlah petugas juga disiapkan di pos-pos pelayanan yang ada di daerah rawan kemacetan (termasuk kawasan wisata), rawan kecelakaan, dan juga rawan gempa dan banjir sebagainya.

"Kami juga pesan agar memastikan untuk menjaga kondisi kendaraan dengan baik, kondisi kesehatan diri yang fit. Kami juga bahas untuk tidak memfungsikan gate Palimanan sehingga tidak ada antrean di sana," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gerbang tol Mudik Lebaran arus mudik Info Mudik
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top