Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sah! Senat AS Sepakati Paket Kebijakan untuk Vaksin dan Obat Covid-19 Senilai US$10 Miliar

Senat AS menyepakati paket kebijakan senilai US$10 miliar untuk vaksin dan terapi virus Corona. Sayangnya, angka ini jauh dari pengajuan Joe Biden sebesar US$22,5 miliar.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 05 April 2022  |  11:02 WIB
Sah! Senat AS Sepakati Paket Kebijakan untuk Vaksin dan Obat Covid-19 Senilai US$10 Miliar
Antrian vaksinasi Covid-19 di AS - Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Senat dari partai Demokrat dan Republik menyepakati paket kebijakan senilai US$10 miliar untuk vaksin dan terapi virus Corona, lebih sedikit dari yang diajukan oleh Presiden AS Joe Biden senilai US$22,5 miliar.

Dilansir Bloomberg pada Selasa (5/4/2022), Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer dan Senator Republik Mitt Romney dari Utah mengumumkan hasil negosiasi tersebut pada Senin.

Ini memenuhi tuntutan GOP agar setiap dana Covid-19 baru dibayar dengan dana yang tidak terpakai dari paket bantuan pandemi sebelumnya.

Para pembuat kebijakan memperkirakan masih diperlukan tambahan dana untuk penanganan Covid-19, apalagi jika ada varian baru yang menyebar.

"Ketika kami tidak dapat mencapai kesepakatan pada bantuan internasional, banyak anggota Demokrat dan Republik berkomitmen untuk mengejar tambahan kedua pada musim semi nanti," ungkap Schumer.

RUU telah mendapatkan dukungan Gedung Putih. Sekretariat Pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan administrasi akan berupaya untuk mendukung tambahan dana untuk bantuan pandemi global.

Dia menambahkan bahwa bantuan global sangat penting untuk mengurangi risiko penyebaran varian baru. "[Bantuan global] sangat penting untuk keselamatan rakyat Amerika," kata Psaki.

Kesepakatan itu akan memberi pemerintahan Biden US$5 miliar untuk membeli terapi dan antivirus Covid-19. Selain itu, senilai US$4,75 miliar lainnya dapat digunakan untuk tes virus corona dan vaksin.

Paket kebijakan itu juga akan menyediakan US$750 juta untuk proyek penelitian vaksin dan terapi Covid di masa depan.

Sebelumnya pada Maret, Demokrat menolak paket kebijakan senilai US$12,6 miliar, termasuk bantuan global, dari anggaran belanja pemerintah tahun 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anggaran amerika serikat senat as Covid-19 Vaksin Covid-19

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top