Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sebagian Besar Harga Bapok Tertahan Tinggi, Pedagang Khawatirkan Ini

Pemerintah diminta mewaspadai kenaikan harga bahan pokok menjelang ramadan dan lebaran tahun ini.
Kebutuhan pokok di pasar tradisional./Ilustrasi-Bisnis
Kebutuhan pokok di pasar tradisional./Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA — Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) melaporkan sebagian besar harga bahan kebutuhan pokok atau bapok seperti tepung terigu, minyak goreng, telur ayam, daging ayam, daging sapi hingga cabe rawit masih tertahan tinggi pada pekan ini.

“Pemerintah harus mewaspadai akan adanya kenaikan harga menjelang bulan Ramadan. Jika kita melihat tahun lalu, ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan seperti tepung terigu, telur ayam, daging sapi, daging ayam, cabe rawit,” kata Wakil Sekretaris Jenderal DPP Ikappi Ahmad Choirul Furqon melalui siaran pers, Sabtu (26/3/2022).

Selain itu, Furqon menggarisbawahi harga minyak goreng curah masih tertahan tinggi di pasar tradisional. Menurut dia, harga minyak goreng curah yang masih tertahan tinggi itu menyulitkan pedagang dan pembeli menjelang Ramadan dan Idul Fitri tahun ini.

“Bahkan harga minyak curah di pasar tradisional saat ini masih di atas batas wajar dengan harga sekitar Rp20.000 per liter. Keluhan terus menerus mengalir kepada kami, jadi kami akan terus mendorong kepada pemerintah agar mensinkronkan antara produksi dan permintaan,” kata dia.

Selain itu, dia meminta pemerintah untuk mewaspadai reli kenaikan harga bawang merah dan bawang putih. Menurut dia, bawang putih masih rawan lantaran ketergantungan pemerintah untuk impor. Malahan sepanjang 2021, Indonesia menjadi negara dengan kuota impor bawang putih terbesar di dunia.

“Bawang putih merupakan komoditas yang sebagian besar lebih dari separuhnya impor, itu kenapa tahun 2021 kemarin dalam data statistik Indonesia menjadi importir bawang putih terbesar di dunia,” kata dia.

Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok Kementerian Perdagangan mencatat sebagian besar bapok mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan atau jauh dari harga acuan yang telah ditetapkan otoritas perdagangan.

Adapun harga minyak goreng curah pada Jumat (25/3/2022) tercatat sebesar Rp18.300 atau naik 1,10 persen dari posisi Rp18.100 per liter pada hari sebelumnya. Kenaikan harga itu diikuti dengan minyak goreng kemasan sederhana di angka Rp22.600 per liter. Sementara minyak goreng kemasan premium tetap konsisten di harga Rp25.400 per liter.

Sementara harga tepung terigu, daging sapi paha belakang, cabe merah besar, bawang merah dan bawang putih honan mengalami kenaikan yang cukup lebar masing-masing menjadi Rp11.300 per kilogram, Rp129.500 per kilogram, Rp51.400 per kilogram, Rp35.000 dan Rp30.700 per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper