Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ninja Xpress Klaim Volume Pengiriman Barang Naik 2 Kali Lipat pada 2021

Ninja Xpress juga mencatat pengiriman paket yang meningkat empat kali lipat pada musim Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas pada tahun lalu, dibandingkan dengan capaian 2020.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 17 Februari 2022  |  02:48 WIB
Ninja Xpress - Bisnis
Ninja Xpress - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan jasa pengiriman last mile Ninja Xpress mencatat peningkatan volume pengiriman barang sepanjang 2021, yakni sebanyak dua kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Ninja Xpress juga mencatat pengiriman paket yang meningkat empat kali lipat pada musim Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas pada tahun lalu, dibandingkan dengan capaian 2020.

Chief Marketing Officer (CMO) Nina Xpress Andi Djoewarsa menilai lonjakan pengiriman yang signifikan selama musim festival belanja online pada 10 Oktober hingga 12 Desember, merupakan bukti bahwa musim belanja online masih menjadi momen yang diminati oleh konsumen di Indonesia.

"Pencapaian impresif yang diraih oleh Ninja Xpress pada tahun ini menjadi bukti bahwa para pelaku UKM tidak mau tunduk oleh pandemi dan tidak menyerah terhadap berbagai tantangan yang sedang dihadapi. Melalui pencapaian ini, Ninja Xpress ingin menunjukan komitmen kami untuk membantu pelaku UKM dalam memaksimalkan potensi bisnis yang mereka miliki sehingga mereka tidak perlu drama dalam mengirimkan barang," tutur Andi seperti dikutip dari siaran resmi, Rabu (16/2/2022).

Selama 2021, Ninja Xpress melakukan pengiriman sampai dengan rata-rata satu juta paket pada setiap harinya. Pengiriman tersebut didominasi oleh kategori paket berukuran kecil, atau lebih dari 90 persen paket yang dikirim. Umumnya, barang yang dikirimkan berupa pakaian anak, pakaian olahraga, kosmetik, serta produk perawatan diri.

Andi menyampaikan bahwa data tersebut sejalan dengan survei yang telah dilakukan oleh NielsenIQ Indonesia terkait Harbolnas 2021, di mana adanya peningkatan jumlah pelaku UKM dengan kategori produk lokal seperti fashion, kosmetik, dan perawatan diri yang memanfaatkan e-commerce dalam memasarkan produk.

Berdasarkan wilayah, pelaku UKM dengan daerah pengiriman terbanyak masih berasal tiga provinsi teratas sejak 2020 yakni Jawa Barat, Jawa Tengah dan DKI Jakarta.

Sementara itu, tujuan pengiriman terbanyak berada di Jawa Barat, Banten, dan Jawa Timur. Tiga daerah tersebut menggeser Jakarta dan Jawa Tengah dari posisi tiga provinsi teratas untuk tujuan pengiriman tahun sebelumnya.

Andi menyebut capaian Ninja Xpress tahun lalu tersebut tidak terlepas dari berbagai inovasi layanan dan rangkaian program yang telah dilakukan. Salah satunya yaitu layanan dalam penyelesaian masalah yang dialami pelanggan atau konsumen akhir.

"Pada awal tahun 2021, Ninja Xpress meluncurkan layanan terbaru untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam penyelesaian masalah yang dialami oleh pelanggan atau konsumen akhir (end-consumer) melalui melalui peningkatan layanan konsumen (customer care) yang bebas repot dan tanpa drama," jelasnya.

Di samping itu, layanan Customer Care Ninja Xpress akan memberikan respon cepat atau tanggapan balik selama 30 detik melalui telepon, tiga menit melalui platform chat, dua jam melalui email, dan maksimal 2x24 jam setiap hari.

"Tidak hanya itu, Ninja Xpress juga akan selalu berusaha menghadirkan Resolusi Tepat bagi setiap kebutuhan shipper ataupun konsumen," tambah Andi.

Selain itu, Ninja Xpress memperkuat komitmennya untuk siap membantu UKM dengan menghadirkan Program Creative Business Solutions di Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Tasikmalaya, Garut, Kuningan, Malang, Pekalongan, dan Medan. Program ini guna mendukung UKM untuk terhubung dengan ekosistem berbasis teknologi dan digital dalam melakukan pengembangan ataupun pemasaran produk sehingga dapat memaksimalkan potensi bisnis di tengah tren digitalisasi.

“Dengan fokus menyediakan layanan jasa pengiriman yang bebas repot dan tanpa drama, kami selalu menempatkan konsumen sebagai prioritas utama pada pelayanan kami. Meskipun tahun ini Ninja Xpress berhasil memperoleh capaian serta lonjakan pengiriman yang baik, namun kami tidak mau berpuas diri. Kedepannya, Ninja Xpress akan terus menghadirkan berbagai inovasi layanan dan rangkaian program untuk terus membantu Pelaku UKM di Indonesia,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jasa kurir ninja xpress
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top