Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Strategi Ninja Xpress Tangkap Peluang Cuan Momentum Ramadan 2024

Ninja Xpress merespons tren peningkatan permintaan belanja online masyarakat selama Ramadan dengan ekosistem yang terintegrasi bagi pelaku UMKM.
Ninja Xpress merespons tren peningkatan permintaan belanja online masyarakat selama Ramadan dengan ekosistem yang terintegrasi bagi pelaku UMKM./Bisnis-Rinaldi M. Azka
Ninja Xpress merespons tren peningkatan permintaan belanja online masyarakat selama Ramadan dengan ekosistem yang terintegrasi bagi pelaku UMKM./Bisnis-Rinaldi M. Azka

Bisnis.com, JAKARTA – Ninja Xpress merespons tren peningkatan permintaan belanja online masyarakat selama Ramadan dengan ekosistem yang terintegrasi bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM.

Chief Marketing Officer Ninja Xpress Andi Djoewarsa memaparkan berdasarkan Suara UKM Negeri vol 4, seluk beluk social commerce di Indonesia, 48% UKM mengatakan mereka menemukan target potensial melalui media social.

Merespons tren peningkatan permintaan belanja online tersebut dan penggunaan social media dalam meningkatkan penjualan, Ninja Xpress perkuat dukungan kepada Usaha Kecil Menengah UKM khususnya social-commerce atau UKM yang berjualan menggunakan facebook, instagram, hingga whatsapp, melalui ekosistem yang terintegrasi untuk membantu pertumbuhan UKM selama bulan Ramadan. 

Oleh karena itu, melalui integrasi berbagai fasilitas unggulan yang dapat digunakan oleh UKM, mulai dari fasilitas Ninja Fulfillment, Kegiatan Aksilerasi, hingga foto dan video produk dengan tematik khusus Ramadan. Ninja Xpress memberikan solusi terpadu bagi UKM untuk mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang selama bulan Ramadan.

"Ekosistem pengiriman dan pemasaran ini bertujuan untuk memberikan dukungan yang komprehensif bagi teman-teman UKM dalam mengatasi tantangan yang dihadapi selama bulan Ramadan, serta memanfaatkan peluang pertumbuhan yang ada,” ujarnya melalui keterangan resmi, Sabtu (16/3/2024).

Beberapa tantangan yang dihadapi seperti tantangan dalam pemasaran. Dalam hal ini diperlukan strategi untuk menarik perhatian calon pembeli dimana dapat dilakukan dengan dengan skema reseller yang dapat dimaksimalkan melalui program Aksilerasi dimana Ninja Xpress akan mempertemukan UKM dengan calon reseller bisnisnya. 

Hal lain yang dapat dilakukan yaitu  Ninja Xpress Photo dan video produk dengan tema spesial Ramadan untuk menarik lebih banyak calon pembeli. Selain itu, tantangan pergudangan muncul karena peningkatan pembelian, mengharuskan persiapan yang matang dalam pergudangan dan pengiriman. Dalam hal ini, Ninja Fulfillment dapat menjadi salah satu opsi yang dapat dipertimbangkan, yaitu sebagai tempat penyimpanan barangnya dan selama Ramadan, seluruh UKM Ninja Xpress dapat menikmati fasilitas 1 bulan storage gratis untuk Ninja Fulfillment.

Sementara itu, tantangan lainnya dalam pengiriman seringkali mengakibatkan keterlambatan sampai barang, sehingga Ninja Xpress hadir dengan solusi pengiriman tepat waktu yang terintegrasi dari penjemputan hingga pengiriman.

Tantangan lainnya termasuk meningkatnya biaya promosi selama Ramadhan, Ninja Xpress bekerja sama dengan Sellercraft menawarkan solusi melalui layanan dengan memberikan promo satu bulan pemakaian agar shipper bisa mengatur penjualan dari berbagai platform dan cashback khusus selama bulan Ramadan. 

Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, bulan Ramadan menjadi momen yang dinantikan oleh mayoritas masyarakat, baik dalam aspek spiritualitas maupun aspek lainnya dari sisi peluang bisnis dan ekonomi. 

Seperti survei dari The Trade Desk mengungkapkan antusiasme tinggi masyarakat Indonesia saat bulan Ramadan, setidaknya satu dari tiga masyarakat Indonesia atau sebesar 32%-nya akan berbelanja lebih banyak pada Ramadan ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper