Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menolak Mati Suri! Bandara Kertajati Mulai Layani Penerbangan Kargo

Bandara Kertajati mulai melayani penerbangan kargo secara reguler dan menolak mati suri karena sepi penumpang.
Suasana di ruang tunggu penumpang Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat./Antara
Suasana di ruang tunggu penumpang Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Bandara Kertajati mulai bergerak membangkitkan pergerakan dan lalu lintas penerbangan dengan mengoperasikan penerbangan kargo secara reguler.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto mengatakan saat ini sudah ada satu operator kargo yang melaksanakan aktivitas penerbangan di bandara yang terletak di Majalengka, Jawa Barat tersebut.

“Bandara Kertajati kami punya program untuk dioperasikan kargo. Jadi bandara ini kami sampaikan enggak tidur lagi. Kargo penerbangan dijalankan oleh operator secara berjadwal,” ujarnya, Senin (14/2/2022).

Dia juga membenarkan progres pembangunan akses tol menuju bandara tersebut berjalan agak tertatih. Namun, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga telah melaporkan bahwa progres pembangunan tol Cisumdawu saat ini tinggal menyisakan satu segmen yang belum terselesaikan.

“Jadi kami nggak bergantung jalan tol tapi kargo sudah jalan,” imbuhnya.

Selain itu, Novie juga menyebutkan bahwa potensi pergerakan juga berasal dari umrah dan haji seiring dengan pembangunan asrama haji. Novie menjelaskan apabila nantinya pembangunan asrama haji sudah rampung dan penerbangan umrah atau haji dimulai kembali, Bandara Kertajati bisa menangkap peluang untuk meramaikan kembali jumlah penerbangan.

Asrama haji di Indramayu ini digadang-gadang embarkasi terbesar di Indonesia. Diharapkan pula, pada 2022, asrama haji Indramayu dapat digunakan untuk pemberangkatan haji melalui Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

“Kami sudah koordinasikan saat umrah berjalan kami akan arahkan ke Bandara kertajati kedepannya. Untuk menjalankan umrah tidak hanya asramanya tetapi bisa sma-sama bahu membahu untuk umrah,” tekannya.

Sementara itu, PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati mengaku telah menyiapkan diri untuk menampung penempatan pesawat kargo dan penerbangan charter apabila revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma telah dimulai.

VP of Commercial & Technical BIJB Ari Widodo menuturkan segala bentuk persiapan baik dari sisi peralatan, fasilitas, dan operasional di bandara Kertajati mumpuni untuk kebutuhan kargo dan charter. Dia menuturkan sejak kabar pengalihan layanan dari bandara HLP mencuat, sejumlah operator kargo juga telah menyampaikan rencananya untuk beroperasi di KJT.

Secara jangka panjang, BIJB sebagai pengelola bandara Kertajati juga telah menyusun konsep sebagai hub e-commerce. Lewat konsep tersebut, terdapat potensi kargo sebesar 500.000 ton per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper